Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah dan 2 Anaknya di Cimahi Positif Corona usai Tes Mandiri

Kompas.com - 24/06/2020, 06:58 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Satu keluarga di Kota  Cimahi diketahui positif setelah melakukan tes mandiri di salah satu rumah sakit di Bandung.

Satu keluarga yang diketahui positif ini terdiri dari ayah dan dua anaknya yang masih berumur 4 dan 7 tahun. Sedang istri dan satu orang anaknya lagi masih dinyatakan sehat.

"Iya baru diketahui hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Kompaknya Warga di Cimahi, Mengurus Tetangga yang Positif Corona

Awalnya, keluarga ini melakukan tes mandiri di salah satu rumah sakit di Bandung pada tanggal 13 Juni. Setelah tiga orang dinyatakan positif, mereka kemudian meminta saran kepada rumah sakit tersebut terkait kondisinya.

"Setelah diketahui positif kemudian yang bersangkutan menghubungi rumah sakit harus bagaimana, karena apabila mau ke rumah sakit harus ada rujukan melalui puskesmas," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini yang dihubungi terpisah.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi sendiri mengetahui ketiganya positif setelah mereka melaporkannya ke puskesmas.

"Laporan yang bersangkutan diketahui setelah menghubungi Puskesmas Cimahi Tengah," kata Chanifah.

Dinas Kesehatan kemudian melakukan komunikasi dengan keluarga tersebut dan melakukan upaya edukasi. Chanifah menilai bahwa keluarga itu kooperatif.

Sejak diketahui positif, mereka berinisiatif untuk melakukan karantina mandiri di rumahnya dan menerapkan protokol kesehatan sampai saat ini.

"Mereka ini orang berada, rumahnya bertingkat, dan mereka kooperatif. Sehingga melakukan karantina mandiri di rumahnya, jadi keluarganya yang positif di atas, dan yang sehat dibawah," kata Chanifah.

Baca juga: Siswa SD Asal Cimahi Ini Sumbangkan Tabungan untuk Warga yang Belum Bermasker

Meski begitu, Dinas Kesehatan Kota Cimahi masih berencana kembali melakukan tes swab kedua kepada ketiga orang itu.

"Langkah selanjutnya kita tes swab kembali, jadi nunggu hasilnya, mudah-mudahan negatif, dengan begitu tinggal nunggu proses recovery," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com