Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugus Tugas Covid-19 Aceh: 1 Pasien Corona Tulari 9 Orang, Masuk Klaster Aceh Besar

Kompas.com - 22/06/2020, 11:11 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kasus positif corona di Aceh bertambah 10 kasus pada 21 Juni 2020, menjadi total 49 kasus. Dari jumlah itu, 9 kasus merupakan penularan dari satu pasien meninggal di RSU Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, sementara 1 kasus lain yakni warga Semarang yang sedang berada di Kota Banda Aceh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, dengan temuan tersebut, sudah terjadi penularan lokal kasus corona di Aceh, yakni dari klaster Aceh Besar. 

Kasus baru dari klaster Aceh Besar tersebut diketahui setelah melacak kontak dekat pasien Covid-19 berinisial SUK (63) yang meninggal dalam perawatan Medis RICU-RSUZA Banda Aceh, pada 17 Juni 2020.

Baca juga: Satu Pasien Covid-19 Meninggal Tulari 5 Anggota Keluarga dan 4 Perawat RSUZA Banda Aceh

Dari hasil pelacakan, 5 anggota keluarga Suk positif corona, juga dengan 4 perawat RSUZA banda Aceh yang bertugas merawat Suk. 

“Jadi, kasus Covid-19 terbaru tersebut, 5 orang dari Aceh Besar dan 5 orang lainnya dari Kota Banda Aceh,” kata Saifullah Abdulgani melalui rilis ke Kompas.com, Minggu (21/06/2020). 

Ia juga menuturkan, penularan lokal sudah terjadi di Aceh, baik penularan lokal di klaster Lhoksukon, Aceh Utara, maupun di klaster baru, Pagar Air, Aceh Besar.

Untuk jumlah kasus Positif Covid-19 per 21 Juni 2020 sudah mencapai 49 orang. Pasien positif Covid yang masih dirawat sebanyak 27 orang, 20 orang sudah sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

Baca juga: Benda Mirip Bom Ternyata Botol Air Mineral, Kapolres: Ada yang Ingin Perkeruh Perdamaian Aceh

Petugas medis sudah diuji swab semua

Direktur RSUZA Banda Aceh,. Membenarkan adanya para medis yang terkonfimasi positif.

"Iya, ada paramedis yang terkonfirmasi positif dan diduga tertular dari pasien SUK yang meninggal beberapa hari lalu," jawab Azharuddin melalui layanan WhatsApp, Senin (22/6/2020).

Azharuddin mengatakan semua tenaga medis yang pernah kontak sudah diuji swab. 

Kemudian petugas medis yang terkonfirmasi positif sudah menjalani perawatan di RSU Zainal Abidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com