Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Ainun Habibie Gorontalo Rawat 4 Pasien Corona

Kompas.com - 19/06/2020, 22:39 WIB
Rosyid A Azhar ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ainun Habibie di Limboto Kabupaten Gorontalo sudah merawat empat pasien Covid-19.

Keempat pasien yang dirawat yakni, 1 pasien terkonfirmasi positif, dan 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menunggu hasil swab test.

Direktur RS Ainun Habibie Yanti Yanti Sulaiman berharap adanya kerjasama yang baik dari pihak keluarga selama pasien dirawat di rumah sakit.

“Sejak kemarin kita sudah menerima pasien yang dirujuk ke sini. Kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik dari segi infrastruktur, alat kesehatan maupun layanan medis,” ujar  Yana Yanti Sulaiman, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Bertambah 34, Total 125 Pasien Positif di Gorontalo Sembuh dari Corona

Berbeda dengan pasien umum, kata dia, pasien Covid-19 tidak diperkenankan ditemani di ruang isolasi selama proses penyembuhan.

“Ada pengecualian misalnya untuk ibu hamil. Saat ini ada satu yang sedang dirawat, nah yang bersangkutan ditemani oleh satu orang keluarga. Kita bantu dengan alat pelindung diri,” ujar Yana Yanti Sulaiman.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Kalteng, Kaltim, Kaltara, Gorontalo, Sulbar, Sulsel, dan Sultra 19 Juni 2020

Diketahui, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meresmikan RSUD Ainun Habibie sebagai rumah sakit rujukan untuk merawat pasien Covid-19.

Terdapat dua ruang isolasi yang dapat menampung 70-80 pasien.

Selain itu, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Gorontalo ini dilengkapi 13 dokter spesialis, 10 dokter umum, dan 36 perawat yang dibagi menjadi tiga shift.

Pemeritah Provinsi Gorontalo sebelumnya hanya memiliki satu rumah sakit rujukan untuk merawat pasien Covid-19, yakni Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com