Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Tenaga Medis di Ambon Terpapar Corona, Kadis Kesehatan: Itu karena Pasien Tak Jujur

Kompas.com - 18/06/2020, 19:35 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengungkapkan, sebagian besar tenaga medis di Kota Ambon yang terkonfirmasi positif Covid-19 terpapar dari pasien positif yang ditanani di rumah sakit dan puskesmas.

“Kebanyakan tenaga medis di Kota Ambon ini terpapar Covid-19 saat menangani pasien, itu karena pasiennya tidak mau jujur,” kata Wendy, kepada Kompas.com, saat dihubungi via telepon seluler, Rabu (18/6/2020).

Dia menuturkan, ketidakjujuran dari para pasien itu membuat para tenaga medis yang melakukan penanganan akhirnya terpapar.

Kondisi itu semakin diperparah lantaran saat pandemik corona mulai mewabah di Kota Ambon, tenaga medis tidak dibekali dengan alat pelindung diri (APD) yang memadai.

Baca juga: Disindir Cengeng oleh Gubernur, Wali Kota Ambon: Itu Bukan Menjatuhkan, Malah Mengangkat Saya

“Yang jelas pasti itu karena pasien tidak jujur, jadi awal-awal pertama itu dari klaster Waihaong itu kita punya APD masih terbatas,” ungkap dia.

Dia membeberkan, banyak pasien positif yang awalnya ditangani dengan gejala TBC, namun mereka banyak yang tidak terbuka kepada tim medis sehingga dampaknya banyak tenaga medis di Kota Ambon yang akhirnya terpapar Covid-19.

“Banyak tenaga medis kita terpapar apalagi mereka yang pegang program TBC dan memang banyak pasien positif itu yang awal-awal kebanyakannya pasien TBC,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 85 tenaga medis di Kota Ambon dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak virus tersebut mewabah di Kota Ambon.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 di Ambon Masif, Diduga Ada 598 OTG Berkeliaran

Para tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diketahui ada yang bertugas di RSUD dr Haulussy Ambon dan sejumlah rumah sakit lainnya.

Selain itu, ada juga yang bertugas di beberapa puskesmas di Kota Ambon serta petugas kesehatan di dinas kesehatan Kota Ambon.

Sejauh ini, sebanyak 25 tenaga medis yang bekerja di RSUD dr Haulussy Ambon telah dinyatakan sembuh dari virus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com