Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPD Golkar Solo Siap Dukung Gibran Tanpa Syarat

Kompas.com - 18/06/2020, 19:20 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Solo Bandung Joko Suryono mengaku siap mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Serentak 2020.

"Kalau muncul perintah seperti ini, kita mendukung Mas Gibran tanpa syarat," kata Bandung saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Meski demikian, pihaknya akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan DPD Partai Golkar Jawa Tengah.

"Kita akan berkonsultasi ke provinsi terutama agar disampaikan ke DPP. Langkah teknis dan formal yang kita lakukan seperti apa yang masih kami tunggu," jelas Bandung yang juga Ketua Tim Pemenangan Pilkada Partai Golkar Solo.

Baca juga: Penjelasan FX Rudy soal Bocoran Rekomendasi DPP PDI-P

Bandung menyatakan, pernah memuculkan nama Evandra yang merupakan pengurus di DPP Golkar, dan pengusaha asal Solo untuk mendampingi putra sulung Presiden Jokowi pada Pilkada Solo 2020.

"Kalau dulu kita pernah mengusulkan Mas Evandra. Kewenangan itu ada di sana (pusat)," ujarnya.

"Bagaimanapun kita ini kan menganut tata kelola organisasi yang vertikal. Sehingga instruksi dari pusat, provinsi itu yang akan kita laksanakan," sambungnya.

Dia menyampaikan, sudah melakukan gerakan politik secara informal pada Pilkada Solo 2020.

Namun, kegiatan tersebut dihentikan sementara sejak adanya pandemi Covid-19.

Baca juga: Purnomo Mengaku Legowo Jika Tak Dapat Rekomendasi dari DPP

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar menyatakan dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Gibran, putra Presiden Joko Widodo, maju pada Pilkada Solo. Sementara Bobby, menantu Jokowi, akan berkontestasi pada Pilkada Medan.

"Dukungan kepada Bobby dan Gibran sudah final. Karena berdasarkan hasil survei berpotensi menang dan trennya naik terus, di sisi lain aspirasi dari pengurus daerah," kata Ketua Bappilu Golkar Maman Abdurrahman saat dihubungi, Selasa (16/6/2020).

Menurut Maman, Golkar berupaya memprioritaskan kader untuk maju, tetapi tetap memperhatikan hasil survei di masing-masing daerah terkait potensi kemenangan.

Maman mengatakan, Gibran dan Bobby berpotensi menang pilkada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com