3 Nelayan Hilang Kontak di Perairan Nias

Kompas.com - 18/06/2020, 15:52 WIB
Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Nias, Sumatera Utara, membuka operasi pencarian dan penyelamatan kepada tiga nelayan jaring layang, yang diduga mati mesin dan hilang kontak di Perairan Pulau Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, dengan menggunakan kapal berukuran 5 Grostone. HENDRIK YANTO HALAWAKantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Nias, Sumatera Utara, membuka operasi pencarian dan penyelamatan kepada tiga nelayan jaring layang, yang diduga mati mesin dan hilang kontak di Perairan Pulau Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, dengan menggunakan kapal berukuran 5 Grostone.

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Nias, Sumatera Utara, membuka operasi pencarian dan penyelamatan terhadap 3 nelayan yang hilang kontak di perairan Pulau Somambawa, Kabupaten Nias Selatan.

Ketiga nelayan tersebut juga mengalami mati mesin kapal.

"Kami terima informasi dari Kepala Desa Hilindaso Niha bahwa ada kapal jaring layang milik nelayan hilang kontak di Perairan Pulau Somambawa," ujar Kepala Kantor BNPP Nias, Muhamad Agus Wibisono di kantornya, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Nelayan Temukan Kapal Misterius di Perairan Aceh

Ia menjelaskan, kondisi kapal yang mati mesin membuat ketiga nelayan terjebak dan tidak bisa kembali.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (16/6/2020).

Kapal awalnya mencari ikan di sekitar Pulau Somabawa.

Adapun ketiga nelayan yang hilang kontak tersebut yakni Junisman Buulolo (43), Buterman Buulolo (33) dan Generasi Dachi (35).

Baca juga: Datang ke Gunungsitoli, Warga Manado Ini Jadi Pasien Corona Pertama

Ketiganya berasal dari Desa Hilindaso Niha, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.

"Titik koordinat lokasi terkahir sejak hilang kontak berada pada N 019 132, E 098 27871, dengan nomor jalur 63766 LSB, jalur metal 65880 LS, berdasarkan infromasi yang dihimpun personel SAR Nias," kata Agus.

Tim SAR akan memperluas lokasi pencarian. Apabila dibutuhkan, tim juga akan melakukan pencarian dengan penyelaman.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X