Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Polisi di Padang Sidempuan Positif Corona, Rekan Se-Polres Harus Rapid Test

Kompas.com - 18/06/2020, 06:37 WIB
Oryza Pasaribu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG SIDEMPUAN, KOMPAS.com - Satu personel polisi yang bertugas di Markas Polisi Resor (Mapolres) Padang Sidempuan dinyatakan positif corona atau Covid-19 lewat hasil tes swab. Sebelumnya, sudah dua kali dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

"Iya benar, polisi (dari Polres Padangsidimpuan). Inisial RL, laki-laki, usia 44 tahun," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Padang Sidempuan Sopian Subri Lubis, saat mengadakan konferensi pers update data Covid-19, Selasa (16/6/2020).

Sopian menjelaskan, oknum polisi tersebut adalah warga Kota Padang Sidempuan dan memiliki riwayat perjalanan dari Kota Medan.

Baca juga: Hasil Tes Swab Tak Diumumkan, Wali Kota Padang Sidempuan Digugat ke PTUN

 

Setelah kembali ke Padang Sidempuan, pada 29 Mei 2020, RL melakukan rapid test dan didapatkan hasilnya reaktif. Kemudian, RL kembali melakukan rapid test kedua pada 9 Juni 2020, dan didapatkan hasilnya juga reaktif.

"Dua kali dilakukan rapid test hasilnya reaktif," ujar Sopian Subri.

Lalu, pada 10 Juni, atas inisiatif sendiri, RL berangkat ke Medan untuk melakukan tes swab di salah satu rumah sakit di sana sambil mendapat perawatan.

Pada 12 Juni 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengirimkan hasilnya kepada Dinas Kesehatan Pemkot Padang Sidempuan.

"Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 12 Juni 2020, perihal penyampaian hasil pemeriksaan sampel Covid-19, RL dinyatakan positif Covid-19," kata Sopian.

Baca juga: Pingsan di Sukabumi Diduga Dibius, Bacabup Sorong Selatan Kehilangan Rp 100 Juta

Sopian mengatakan, setelah hasil tes itu didapat, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Padang Sidempuan langsung melacak kontak erat pasien.

"Setelah kita tracking dan tracing didapatkan 10 orang yang pernah melakukan kontak erat, dan sudah kita lakukan isolasi. Sedangkan pasien hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit di Medan," ujar Sopian.

Satu polres lakukan rapid test massal

Menanggapi adanya satu personel yang dinyatakan positif Covid-19, Kepolisian Resor Padang Sidempuan langsung merespon dan melakukan rapid test massal.

"Kondisi anggota (pasien positif Covid-19) tersebut sedang diisolasi di RS Bunda Thamrin di Medan. Kita semua mendoakan agar tetap semangat dan segera sembuh," ungkap Kepala Polisi Resor Padang Sidempuan AKBP Juliani Prihartini lewat pesan singkatnya, Rabu (17/6/2020).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com