Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Bertambah 43 Orang, Jubir Sebut Masih Terkendali

Kompas.com - 17/06/2020, 21:29 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Terbaru, 43 orang dinyatakan positif terjangkit virus corona, Rabu (17/6/2020).

Sehingga, total kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan saat ini telah mencapai 1.502 orang.

Ada pun 43 kasus positif baru itu berasal dari Palembang sebanyak 38 orang, Muara Enim dua orang, Banyuasin delapan orang dan Lubuk Linggau lima orang.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Sumsel Bertambah 50, Jubir: Itu karena Tracing Agresif

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri mengatakan, meskipun jumlah kasus terus mengalami kenaikan, sampai saat ini wabah virus corona masih bisa terkendali.

Bahkan, menurut Yusri, beberapa daerah di wilayah Sumatera Selatan saat ini telah melakukan persiapan untuk menerapkan new normal.

Salah satunya adalah Palembang yang tak lagi melanjutkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jangan diartikan new normal itu bebas selesai dari pandemi. Kita masih status ada wabah, walaupun terkendali," kata Yusri dalam konfrensi pers yang disiarkan secara langsung.

Yusri menjelaskan, masyarakat harus memahami arti dari new normal di mana seluruh kegiatan baru untuk menghadapi virus corona adalah dengan tetap menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. 

"Jangan diartikan new normal sudah normal, bukan. Namun aktivitas dengan kebiasaan baru, terutama hindari kerumunan orang banyak, kalau tak penting tetap di rumah. Jika keluar patuhi protokol kesehatan. Harus adaptasi dengan kebiasaan baru," ujarnya.

Selain penambahan kasus positif, Yusri mengatakan, jumlah kasus sembuh juga bertambah sebanyak 35 orang.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Sumsel Bertambah, 52 Orang Positif Corona

 

Mereka masing-masing berasal dari Palembang sebanyak 20 orang, Lubuk Linggau tiga orang, Banyuasin satu orang, Prabumulih satu orang, Musi Banyuasin tiga orang dan Musi Rawas tiga orang. Sehingga total sembuh saat ini berjumlah 705.

Untuk kasus yang meninggal juga bertambah sebanyak empat orang yang semuanya berasal dari Kota Palembang. Sehingga total pasien meninggal telah mencapai 61 orang.

"Dari 1.501 kasus, 766 diantaranya telah selesai karena meninggal dan sembuh. Sehingga kasus masih dalam proses penyembuhan 735 orang," tambah Yusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com