Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar KBM Tatap Muka, Wali Kota Magelang: Kita Tak Boleh Tergesa-gesa

Kompas.com - 15/06/2020, 15:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, Jawa Tengah, tidak ingin gegabah menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan, KBM tatap muka akan diselenggarakan kembali jika perkembangan kasus Covid-19 di Kota Magelang menurun atau sampai benar-benar nihil.

“Kita tak boleh tergesa-gesa. Kita lihat betul pergerakan pandemi Covid-19 ini. Sekarang perkembangannya relatif makin turun. Kalau nanti sudah benar-benar datar. Perhatian penting kita adalah anak-anak sekolah,” kata Sigit, dalam keterangan pers yang diterima, Senin (15/6/2020).

Menurutnya, pendidikan adalah sektor terakhir yang akan dibuka pada new normal di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: KBM New Normal di Wonogiri, Siswa Masuk Bergiliran

Sebelumnya, pemkot telah melonggarkan tempat ibadah, PKL, membuka barikade akses jalan protokol hingga jam kerja aparat sipil negara (ASN).

“Kita eman-eman (sayang) betul, anak-anak ini nilainya mahal. Maka, kita tidak ingin gegabah dalam mengaktifkan pembelajaran di sekolah. Kita perlu merumuskannya dengan matang dan rinci. Anak-anak harus selamat, senang, dan sehat,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihak sekolah diwajibkan menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, masker, dan fasilitas lainnya.

Sigit mengaku tak akan memberikan bantuan fasilitas tersebut kepada sekolah.

Hal itu membutuhkan kajian lebih matang sesuai kemampuan Pemerintah Kota Magelang.

“Tak mudah soal bantuan masker. Berapa jumlah anak-anak, dan tidak mungkin per anak hanya satu masker. Maka, kita perlu merumuskannya dengan matang dan rinci,” tandasnya.

Baca juga: Anak-anak Rentan Tertular Covid-19, Ketum IIPG Dukung KBM dari Rumah hingga Akhir Tahun

Diketahui, Pemkot Magelang telah menutup KBM sejak 16 Maret 2020 bagi PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga Penyelenggara PKBM/Kursus.

Kebijakan penutupan beberapa kali diperpanjang Pemkot Magelang karena kondisi pandemi yang tidak kunjung membaik.

Sesuai kalender pendidikan, KBM tatap muka akan diselenggarakan lagi pada 13 Juli 2020 atau bersamaan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021.

Namun, rencana ini pun menjadi pembahasan serius pemerintah pusat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com