Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas Kasus Positif Covid-19, Kawasan 3 Gili Bersiap Menuju New Normal

Kompas.com - 15/06/2020, 06:30 WIB
Karnia Septia,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Kawasan wisata tiga gili, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersiap menuju fase new normal.

Ketiga pulau dengan deretan pantai indah itu masih berstatus zona hijau atau nol kasus positif Covid-19.

"Dengan status sebagai zona hijau tersebut, menjadi keharusan bagi kita bersama untuk tetap menjaga dan mempertahankan Gili agar selamanya aman dan bebas dari wabah atau nol kasus positif Covid 19," kata Wakil Gubernur NTB Siti Rohmi Djalilah seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Risma Pingsan Saat Pimpin Rapat Protokol Kesehatan dengan Komite Sekolah

Rohmi mengatakan, butuh perencanaan dan standar operasional prosedur (SOP) ketat untuk membuka destinasi wisata tiga Gili. Khususnya, dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu penting dilakukan untuk menjaga kawasan tiga Gili tetap bebas dari Covid-19.

“Selamat untuk Gili atas nol kasus sampai dengan saat ini yang tentunya harus dibarengi ke depan bagaimana menjaga kebersihan dan seterusnya agar tidak pernah ada pasien positif di sini,” katanya.

Menurut Rohmi, selama new normal masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Sehingga bukan kapan new normal ini diberlakukan, akan tetapi secara bertahap bagaimana kita bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19, kemudian masyarakat mampu dan disiplin untuk melaksanakannya," kata Rohmi.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk mempersiapkan penerapan new normal di kawasan tiga Gili.

Penerapan new normal di kawasan tiga pulau itu diharapkan bisa menjadi contoh bagi destinasi wisata lain di NTB.

Saat ini Pemda Lombok Utara telah mengeluarkan surat edaran (SE), salah satunya berisi SOP kedatangan serta kepulangan para pengunjung atau tamu di tiga Gili.

Baca juga: Kisah Pak Ambo Puluhan Tahun Pelihara Seekor Buaya, Dianggap Anak dan Diberi Nama Riska

Rencananya Pemda hanya mengoperasikan satu pelabuhan untuk melayani penyeberangan ke tiga Gili yaitu Pelabuhan Bangsal.

Pemprov NTB akan membuka destinasi wisata tiga Gili pada pertengahan Juni 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com