Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesehatan Cegah Corona, 39 Napi Malah Diketahui Sakit-sakitan

Kompas.com - 14/06/2020, 15:49 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LINGGA, KOMPAS.com - Sebanyak 39 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Dabo, Singkep, mengalami gangguan kesehatan, mulai dari sakit kulit, sakit kepala hingga demam.

Untuk yang alami sakit kulit berjumlah 13 orang dan selebihnya alami sakit kepala hingga demam.

Baca juga: 3 Napi Lapas Tanjung Gusta Kabur dengan Melompati Tembok 8 Meter

Kepala Lembaga Permasyrakatan Kelas III Dabo Singkep Dewanto mengatakan, keluhan itu ditemukan setelah petugas Puskesmas Dabo Lama memeriksa kesehatan para napi itu di Lapas Dabo Singkep, Sabtu (13/6/2020) pagi lalu.

"Pengecekan kesehatan ini rutin kita lakukan setiap bulan, dan ditemukan keluhan yang didominasi oleh penyakit kulit atau gatal-gatal," kata Dewanto melalui telepon, Sabtu (13/6/2020).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin wujud kepedulian Lapas Dabo Singkep terhadap hak kesehatan para napi atau warga binaan permasyarakatan selama menjalani masa hukuman. Juga sebagai bentuk antisipasi pencegahan Covid-19 di lingkungan Lapas Dabo Singkep.

"Dari total 39 napi penghuni Lapas Dabo Singkep, terdapat 13 napi yang mengeluh sakit kulit atau gatal-gatal, sementara yang lainnya sakit kepala ada 2 orang dan demam 3 orang," terang Dewanto.

Dewanto mengatakan, penyakit kulit yang dialami oleh sejumlah napi diduga karena kurang bersihnya air di dalam  lapas. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pakaian yang mereka gunakan tidak bersih.

"Kemungkinan besar air yang digunakan kurang bersih atau pakaian yang digunakan oleh napi tidak benar-benar bersih dicuci," papar Dewanto.

Baca juga: Puluhan Napi di Lapas Cibinong Bogor Bebas lewat Asimilasi Covid-19

Menurut Dewanto, terkait kebersihan ruang tahanan setiap hari dilakukan monitoring dan dibersihkan.

Hal tersebut dilakukan selain untuk kebersihan ruangan juga untuk pengecekan atau antisipasi barang-barang yang ada di dalam ruang tahanan.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan yang berlangsung sejak pagi mengikuti prosedur protokol kesehatan meliputi pemeriksaan cek tensi, konsultasi dokter dan pemberian resep obat untuk napi yang mengeluhkan kesehatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com