Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Serayu Pagi Purwokerto-Pasar Senen Kembali Beroperasi Mulai Jumat Ini

Kompas.com - 12/06/2020, 10:30 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen mulai, Jumat (12/6/2020) ini.

"Hari ini KA Serayu Pagi sudah mulai operasional melayani masyarakat," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Supriyanto melalui siaran pers, Jumat.

Supriyanto menjelaskan, jadwal KA Serayu Pagi berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 06.50 WIB dan tiba di Pasarsenen pukul 17.49 WIB.

Sebaliknya, dari Pasar Senen diberangkatkan pukul 09.15 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 20.34.

Baca juga: Era New Normal Naik Kereta Api: Wajib Pakai Face Shield, Alatnya Disediakan KAI

Pada tahap awal, kata Supriyanto, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan.

"Selain itu, penumpang KA jarak jauh harus melengkapi persyaratan sesuai Surat edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020," ujar Supriyanto.

Persyaratan yang harus dipenuhi setiap penumpang KA jarak jauh maupun lokal yaitu dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, batuk, demam) dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, menggunakan masker, pakaian lengan panjang atau jaket.

Penumpang juga wajib menyertakan surat keterangan uji test PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari atau surat keterangan uji rapid-test dengan hasil non-reaktif yang berlaku tiga hari saat keberangkatan.

"Dan khusus penumpang yang menuju DKI Jakarta, diharuskan menunjukkan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) yang dikeluarkan Pemda DKI Jakarta," jelas Supriyanto.

Baca juga: Tak Punya SIKM, 9 Orang Dilarang Naik Kereta Api Purwokerto Tujuan Jakarta

Pada perjalanan KA dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid-19, penumpang diimbau untuk datang paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA

"Hal ini dikarenakan pada saat proses boarding ada tahapan verifikasi berkas oleh petugas dan kelengkapan penumpang lainnya sebelum diizinkan masuk," ujar Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, selain KA Serayu Pagi, beberapa KA yang melintasi wilayah Daop 5 juga mulai beroperasi. Berikut daftranya:

- KA Ranggajati, relasi Cirebon - Purwokerto - Surabaya Gubeng - Jember PP.

- KA Kahuripan, relasi Blitar - Madiun - Solo - Kutoarjo - Maos - Kiaracondong, Bandung PP.

- KA lokal Prameks, relasi Kutoarjo - Solo PP (2 KA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com