Polisi Lengkapi Alat Bukti Kasus Dugaan Korupsi Bansos untuk Lansia

Kompas.com - 09/06/2020, 18:38 WIB
Ilustrasi KOMPAS/SUPRIYANTOIlustrasi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga menjelaskan, kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 untuk puluhan lansia di Kalimantan Barat masuk tahap melengkapi alat bukti.

“Kita masih menunggu hasil perhitungan jumlah kerugian negara yang ditimbulkan dari dugaan korupsi tersebut,” kata Tulus, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Usut Dugaan Korupsi Bansos Corona di Mempawah, Polisi Periksa 28 Saksi

Selain itu, penyidik masih mengambil keterangan saksi ahli dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalbar, guna memperkuaat dugaan adanya tindak pidana korupsi.

“Pemeriksaan saksi ahli dari BPKP Kalbar sedang dijadwalkan,” ucap Tulus.

Diberitakan sebelumnya, polisi telah memeriksa 28 saksi terkait dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk puluhan lansia terdampak pandemi Covid-19.

Wakapolres Mempawah Kompol Jovan Reagan Sumual mengatakan, sebanyak 28 orang itu terdiri dari 8 orang pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS–LU) Bustanul Ulum yang menyalurkan bantuan dan 20 warga penerima bantuan.

Baca juga: Bansos Covid-19 untuk Lansia di Mempawah Diduga Dikorupsi

Pemeriksaan itu bertujuan untuk mengklarifikasi segala hal yang berkaitan dengan bantuan tersebut.

"Sampai hari ini, ada 8 saksi yang diperiksa dan puluhan warga penerima yang dimintai keterangan," kata Jovan kepada Kompas.com, Rabu (20/5/2020).

Jovan menyebut, perhitungan sementara, total dana bansos untuk lansia yang diduga dikorupsi sebesar Rp 36,7 juta.

Dia menegaskan, apapun bentuk bantuan sosial yang diberikan pemerintah harus disalurkan sesuai mekanisme dan peruntukannya.

"Jadi, tidak ada alasan untuk mengurangi hak si penerima, apalagi ini untuk lansia terdampak Covid-19," tegas Jovan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X