Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertular Anak yang Datang dari Jakarta, Ibu 70 Tahun Asal Sukabumi Positif Covid-19

Kompas.com - 09/06/2020, 17:28 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Seorang ibu berusia 70 tahun di Kecamatan Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19 yang diduga tertular dari anaknya yang datang dari Jakarta. 

Anak sang ibu tersebut sebelumnya positif Covid-19, namun sudah sembuh dan dalam kondisi baik. 

Dengan demikian, per 9 Juni 2020 di Sukabumi terdapat penambahan 1 kasus positif Covid-19. 

Hal itu disampaikan Wakil Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman kepada wartawan dalam WhatsApp group, Selasa (09/06/2020).

Saat ini ibu 70 tahun tersebut saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit dengan penanganan tim medis. Statusnya pasien dalam pengawasan (PDP). 

Baca juga: Pasutri di Sukabumi Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Anaknya

Menurut Andi, pasien positif Covid-19 yang baru ini berstatus orang tanpa gejala (OTG). Ia diduga tertular anggota keluarga atau anaknya yang terlebih dahulu positif Covid-19.

"Sampel swabnya dikirim dua pekan lalu, dan hasil test swabnya baru diterima," ujar Andi yang juga Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sukabumi, melalui WhatsApp group, Selasa (09/06/2020).

Saat ini lanjut dia pasien baru sudah berstatus PDP dan sedang menjalani isolasi di rumah sakit. Sedangkan anaknya sudah sembuh dengan kondisi secara umum baik.

"Anaknya ini positif Covid-19 dari Jakarta,"  kata Andi.

Baca juga: Berenang di Pantai Wilayah Sukabumi, 5 Wisatawan Digulung Ombak

1 pasien corona di Sukabumi sembuh per 9 Juni 2020

Selain bertambah satu positif Covid-19, pada hari ini juga ada satu pasien sembuh. Pasien sembuh ini berjenis kelamin pria berasal dari Kecamatan Sukabumi.

Data terakhir Selasa (9/6/2020) menyebutkan total terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 29 pasien, meliputi 14 pasien menjalani isolasi dan 15 pasien sembuh.

Sehari sebelumnya, total berjumlah 28 pasien, meliputi menjalani isolasi 14 pasien dan 14 pasien sembuh.

Sebelumnya diberitakan pasangan suami istri (Pasutri) asal Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (31/5/2020).

"Pasutri ini orangtuanya pasien Covid-19 yang sudah sembuh," kata  Wakil Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman kepada wartawan melalu pesan singkat, Minggu sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com