Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugus Tugas Pusat Minta Makassar Siapkan RS Tanpa Covid

Kompas.com - 09/06/2020, 12:54 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto meminta pemerintah daerah di Makassar segera menyiapkan rumah sakit tanpa Covid-19 untuk tetap memberikan pelayanan penyakit non Covid-19 dengan aman.

“Salah satu pertimbangan kita harus menyiapkan RS tanpa Covid-19 sama sekali untuk tetap memberikan layanan penyakit non Covid dengan aman. Ingat pasien penyakit kronis lain tetap harus dilayani. Pasien jantung, diabetes, stroke, TBC, ibu hamil, anak dan lainnya tetap harus jalan dan aman,” kata Yurianto kepada wartawan, Selasa (9/6/2020).

Menurut Yurianto, jangan sampai layanan terhenti karena pasien takut ketularan Covid-19 atau petugas takut pasiennya ketularan virus corona.

“Misalnya, RS Ibu dan Anak jangan sampai menerima kasus Covid. Tapi fokus layanan kesehatan ibu dan anak serta imunisasi. Jangan sampai penyakit kronis non covid, layanan non covid terabaikan. Angka nasional cakupan imunisasi turun, kontrol TBC menurun, kontrol rutin kehamilan turun,” jelasnya.

Baca juga: Warga Makassar Ramai-ramai Tolak Rapid Test, Dinkes Maksimalkan Edukasi

Sebelumnya, dia juga meminta Makasar membentuk RS Darurat Covid. Tujuannya menjadikan komplek RS tersebut menjadi wilayah karantina.

Jadi, tidak dibutuhkan ruang isolasi tetapi seluruh komplek diisolasi, bisa menggunakan Asrama Haji.

“Pasien yang dirawat dibagi 2 bagian terpisah. Kasus positif PCR dalam satu tempat dan pasien PDP yang belum di PCR di tempat terpisah lainnya. Jika PDP hasil PCR negatif segera pindahkan ke RS lain. Jika positif dipindahkan ke bagian positif. Kasus PCR positif di RS lain yang gejalanya sedang ringan pindahkan semua ke RS Darurat,” paparnya.

Baca juga: Puluhan Warga Makassar Datangi Hotel, Paksa Keluarganya yang Dikarantina Dipulangkan

Yurianto mengungkapkan jika RS Darurat Covid diawaki SDM gabungan TNI dan POLRI serta relawan.

“Manajemen bisa meniru RS Darurat Covid Wisma Atlit Jakarat. Operasional dari dana DSP Gugus Tugas Pusat,” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com