Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Maluku: Insiden Polisi Pukul PKL Tak Pakai Masker Jangan Terulang

Kompas.com - 08/06/2020, 22:51 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

AMBON, KOMPAS.com - Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar mengingatkan anak buahnya agar tak mengulang tindakan memukul pedagang kaki lima dan warga yang tidak menggunakan masker menggunakan rotan di Pasar dan Termina Mardika, Ambon.

"Terkait masalah yang terjadi di Pasar Mardika agar tidak terjadi lagi sesuai penekanan Wakapolri, agar anggota tetap kedepankan tindakan preventif dan humanis," kata Kapolda Maluku di Ambon seperti dikutip dari Antara, Senin.

Baca juga: Viral, Video Polisi Pukuli Bokong Warga Tak Pakai Masker dengan Rotan, Mirip di India

Hal itu disampaikan Kapolda saat menggelar konferensi video terkait analisa dan evaluasi Operasi Aman Nusa II Siwalima 2020 yang dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, Irwasda dan PJU polda serta diikuti Polres dan Polresta jajaran Polda.

Kapolda meminta setiap polres aktif menanggapi isu yang beredar di masyarakat. Polres, kata dia, harus menyampaikan fakta di lapangan jika ada kejadian yang viral.

Kapolda juga meminta seluruh jajarannya meluruskan tudingan tentang rapid test virus corona baru hanya berlaku bagi umat tertentu.

Isu tersebut, kata dia, berkembang di masyarakat.

"Menyangkut isu yang berkembang bahwa tes cepat hanya diberlakukan bagi umat tertentu, agar jajaran menyampaikan kepada masyarakat bahwa rapid test untuk semua,tanpa memandang status masyarakat tersebut," ujarnya.

Ia juga mendorong jajarannya berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyalurkan bantuan sosial di wilayah yang belum mencapai target.

Setiap anggota Polri, kata Kapolda Maluku, harus mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan tugas.

Petugas, kata Baharudin, harus mengutamakan tindakan preventif dan humanis.

"Khusus untuk kegiatan Hari Bhayangkara ke 74 agar purnawirawan Polri diperhatikan betul, sebagai bentuk penghormatan kita terhadap para pendahulu dan setiap kegiatan tetap mengutamakan protokol kesehatan," ungkap Kapolda.

Baca juga: UPDATE Corona Maluku 6 Juni: Tambah 21 Positif, Terbanyak Kota Ambon

Sementara itu, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes juga mengingatkan setiap polres menyalurkan bantuan beras yang diberikan Kapolri Jenderal Idham Azis kepada masyarakat.

"Saya ucapan terima kasih atas polres yang stok berasnya sudah habis atau sudah didistribusikan semua untuk masyarakat," kata Jan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com