Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Transisi New Normal Malang Raya: Perilaku dan Pola Pikir Masyarakat Harus Berubah

Kompas.com - 08/06/2020, 21:43 WIB
Andi Hartik,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin mengatakan, masa transisi menuju fase new normal di Malang Raya diperpanjang karena banyaknya masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan.

Selain itu, angka tingkat penularan virus corona masih tinggi dan belum memenuhi syarat penerapan new normal.

Baca juga: PSBB Surabaya Raya Tak Diperpanjang, Masa Transisi Berlaku 2 Pekan

Pria yang merupakan Komandan Satgas Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masa Transisi New Normal Malang Raya itu akan memaksimalkan sosialisasi agar masyarakat mematuhi aturan yang telah diterapkan.

“Mengubah perilaku, harus mengubah pola pikir. Pola pikir masyarakat harus berubah,” kata Zainuddin saat dihubungi, Senin (8/6/2020).

Zainuddin akan memaksimalkan fungsi Kampung Tangguh dalam mengedukasi masyarakat. Menurutnya, pola hidup masyarakat harus berubah, khususnya daritingkat paling kecil.

“Kita juga harus atur dari sumber manusianya di RT atau RW. Itu juga kita edukasi. Kita lakukan pendekatan melalui sumber daya manusia di RT dan RW,” jelasnya.

Menurutnya, protokol kesehatan kerap dilanggar masyarakat yang berkumpul di kafe dan warung kopi.

Selama tiga hari terakhir, tim patroli gencar melakukan rapid test virus corona baru atau Covid-19 di sejumlah kafe di Kota Malang.

“Kami adakan rapid test di sana (kafe-kafe) tujuannya untuk memberikan shock therapy bagi anak muda itu,” katanya.

Zainuddin juga meminta pelaku bisnis disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pihaknya telah membuat standar operasional prosedur bagi pelaku bisnis yang hendak membuka usahanya.

“Sebenarnya pola bisnisnya juga harus berubah, jangan memakai pola lama. Nanti kami ajak diskusi pengelolanya agar dia tahu protokol kesehatan. Semuanya harus berubah, pola pikir juga harus berubah, kan gitu. Kalau tidak mau berubah ya capek sendiri petugas,” jelasnya.

Baca juga: Angka Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Masa Transisi di Malang Raya Diperpanjang

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memperpanjang masa transisi menuju fase new normal di Malang Raya selama tujuh hari.

Perpanjangan masa transisi dilakukan karena kondisi di Malang Raya belum memenuhi syarat berdasarkan pedoman penerapan new normal yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com