Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Rudy Pertahankan Achmad Purnomo untuk Maju Pilkada 2020 Kota Solo

Kompas.com - 08/06/2020, 14:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - FX Hadi Rudyatmo, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kota Solo menegaskan tetap akan mempertahankan Achmad Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota di Pilkada 2020.

Salah satunya pertimbangannya adalah kesepakatan seluruh kader PDI-P di Kota Solo untuk memenangkan Achmad dan Teguh Prakoso.  

"Semuanya (PAC dan ranting) menolak pengunduran diri Pak Purnomo karena belum ada keputusan dari DPP. Sehingga proses pencalonan tetap berjalan tinggal menunggu yang diputuskan DPP partai," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/6/2020).

Wali Kota Solo tersebut juga mengaku telah menyampaikan pernyataan sikapnya itu ke Achmad.  

Baca juga: Detik-detik Tim SAR Evakuasi 9 Warga Terjebak di Gili Kondo, Perahu Diduga Hanyut Diseret Ombak

"Sehingga ini tadi surat pernyataan, absensi sudah saya serahkan kepada beliau. Bahwa pengunduran beliau (Achmad Purnomo) tetap ditolak oleh yang mencalonkan (PAC, anak ranting, dan DPC). Pak Pur tetap taat dan patuh terhadap apa yang diputuskan DPC sambil menunggu DPP," terang Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo.

Sementara itu, terkait alasan Achmad yang mundur karena pilkada digelar di tengah pandemi, Rudy mengatakan hal itu sudah diantisipasi oleh DPC PDI-P Solo.

Tanggapan Purnomo

Wakil Walikota Surakarta, Achmad PurnomoHumas Kementan Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo

Di sisi lain, saat dikonfirmasi terkait sikap DPC PDI-P Solo, Achmad Purnomo mengaku belum mengetahuinya. Namun demikian, dirinya akan mengikuti apapun keputusan dari partai.

"Dengan kata lain, saya akan melaksanakan apapun keputusan partai sebagai kader," kata Purmono yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com