Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Jual Lukisannya hingga Rp 700 Juta demi Bangun Masjid

Kompas.com - 08/06/2020, 11:24 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang piawai dalam dunia gambar.

Dengan latar belakang profesinya sebagai arsitek, ia kerap berkomunikasi lewat gambar.

Hal itu bisa ditengok lewat akun Instagram pribadinya. Ia menjadikan gambar sebagai alat edukasi, sosialisasi, hingga promosi beragam program yang ia gagas.

Baca juga: Filosofi dan Janji Ridwan Kamil Soal Pandemi di Balik Sebuah Rompi..

Kini, ia pun mulai merambah dunia lukis. Hasil lukisannya pun bisa orang lain miliki dengan syarat mengeluarkan sejumlah uang untuk disumbangkan dalam proyek masjid yang tengah ia garap di sebuah perkampungan Kabupaten Bandung.

"Dan saya nggak jualan sebenarnya. Tapi kalau dia mau beli syaratnya nyumbang buat masjid. Karena saya lagi buat masjid di kampung Bu Cinta (istrinya)," ujar Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di kediamannya, Jumat (5/6/2020) lalu.

Ia pun tak mematok harga pasti untuk tiap karyanya. Namun, saat ini total ada enam lukisannya yang telah dimiliki orang lain. Ia pun berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 700 juta untuk didonasikan dalam proyek masjid.

"Jadi kalau mau punya lukisan saya, syaratnya niatnya nyumbang buat proyek masjid saya. Kedua gak dipatok harga, sebutin saja harganya kalau cocok alhamdulillah, kalau tidak mohon maaf lahir batin. Total sudah Rp 700 juta dari enam lukisan terjual. Saya juga kaget, berarti bukan karya lukisannya tapi siapa yang lukis. Tapi gak diukur hanya dengan uang," tutur pria dua anak ini.

Saat ini, ia tengah mengerjakan sebuah lukisan bertema Covid-19.

Baca juga: Ini Kisah di Balik Rompi Kerja Covid-19 ala Ridwan Kamil

 

Namun, ia belum bisa merampungkan lukisannya hingga pandemi ini dinyatakan telah selesai.

"Tema Covid ada, tapi belum jadi soalnya belum nemu feel-nya. Mungkin nanti, belum diberesin. Tadinya saya buat para dokter lagi bawa bendera menang melawan Covid saya lagi nunggu momentum kemenangan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com