Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak 109 Pasien Positif, Kalsel Catat 1.142 Kasus Corona

Kompas.com - 04/06/2020, 20:11 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Khairina

Tim Redaksi

 

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mencatatkan lonjakan pasien terkonfirmasi positif corona atau Covid-19, Kamis (4/6/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, M Muslim mengatakan, penambahan pasien terkonfirmasi positif merupakan hasil tracing yang dilakukan tim gugus tugas di empat kabupaten dan kota dengan Banjarmasin sebagai penyumbang terbanyak.

"Penambahan pasien positif corona hari ini sebanyak 109 orang, berasal dari empat daerah dengan Banjarmasin menyumbang sebanyak 103 pasien sehingga total kasus di Kalsel saat ini sebanyak 1142 orang," ujar Muslim kepada wartawan, Kamis petang.

Baca juga: UPDATE Corona Kudus 4 Juni: 11 Pasien Positif Masih Dirawat, 44 Sembuh

Dari 1142 kasus tersebut, 948 pasien, kata Muslim, menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan juga karantina secara khusus.

Muslim menambahkan, jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak dua orang sehingga total kasus meninggal dunia kini mencapai 93 orang.

"Pasien yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 2 orang, baru diketahui kalau keduanya positif dari hasil PCR yang keluar hari ini," tambahnya.

Baca juga: Karawang Segera Lakukan Tes Swab Massal, Diutamakan untuk ODP, PDP dan OTG

Sementara itu, untuk pasien yang dinyatakan sembuh tidak ada penambahan, totalnya masih sama dengan data sebelumnya, yakni sebanyak 101 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP), kata Muslim, juga mengalami kenaikan, totalnya saat ini sebanyak 224 orang.

Seluruh PDP tersebut dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel, yang terbanyak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

"PDP saat ini sebanyak 224, ada penambahan sebanyak 17 dibanding hari sebelumnya. Sementara ODP juga mengalami kenaikan, totalnya 877," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com