Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tenaga Medis di Solo Positif Corona, Diduga Tertular dari Pasien

Kompas.com - 04/06/2020, 19:13 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani mengatakan ada penambahan dua pasien terkonfirmasi positif virus corona.

Dua pasien positif corona tersebut merupakan tenaga kesehatan di RSUD Bung Karno Solo. Kini mereka dirawat di rumah sakit tempat mereka bertugas.

"Pada hari ini ada dua positif corona. Kemarin 34 kasus sekarang menjadi 36 kasus positif corona," kata Ahyani di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Tolak Rapid Test, Warga di Ambon Demo dan Hadang Petugas Medis

Dua tenaga kesehatan positif Covid-19 tersebut diduga tertular dari pasien yang mereka tangani. Selama ini mereka memang menangani pasien terkonfirmasi positif virus corona.

"Diketahui tidak melalui rapid test. Tapi langsung tes swab tenggorokan karena ada paparan kontak langsung dengan pasien positif," ungkap Ahyani yang juga menjabat Sekda Solo.

Ahyani mengungkap kedua tenaga kesehatan positif corona tersebut berasal dari Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres dan Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan.

"Pasien positif corona yang dirawat di RSUD Bung Karno total ada delapan orang," tutur dia.

Kendati ada tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif, jelas Ahyani tidak mengganggu pelayanan kesehatan rumah sakit. Pelayanan rumah sakit masih berjalan seperti biasa.

"Yang sudah terkonfirmasi dirawat di sana. Sementara yang sekarang posisi pelayanan ya masih tetap pelayanan seperti biasa," katanya.

Baca juga: 45 Tenaga Medis di Maluku Positif Covid-19, Terinfeksi Saat Tangani Pasien

Lebih jauh, pihaknya akan memberikan pendampingan terhadap tenaga kesehatan rumah sakit yang menangani pasien positif virus corona agar tidak terpapar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selama ini kasus tenaga kesehatan yang terpapar virus corona karena berkontak dengan orang tanpa gejala (OTG).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com