Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rob di Pekalongan Rendam Dua Kecamatan, Ribuan Warga Terdampak

Kompas.com - 04/06/2020, 09:08 WIB
Dony Aprian

Editor

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Banjir rob yang terjadi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyebabkan Jalan Kusuma Bangsa terendam air dengan ketinggian 30 hingga 50 centimeter.

Selain itu, kantor kecamatan Pekalongan Utara, Koramil Pekalongan Utara, kantor perbankan, masjid di Kelurahan Krapayak dan jalan depan Kampus IAIN Pekalongan juga ikut terendam.

Ketua RW 10 Kelurahan Panjang Baru Dani mengatakan, banjir merendam mengakibatkan rumah warga di pinggir pantai terendam.

"Di pinggir pantai ada 2 RW, 12 RT, dan total warga ada 1.000 orang lebih rumahnya terendam air semua. Ketinggian air dari 20 centimeter hingga 50 centimeter," ujar Dani dikutip dari Tribunjateng.com, Rabu (3/6/2020).

Baca juga: Waspada! Banjir Rob Terjang Pesisir Selatan Bali

Dia menambahkan, gelombang air laut lebih tinggi dibandingkan hari sebelumnya.

"Gelombang air laut hari ini lebih tinggi dibandingkan, pada tanggal (1/6/2020). Ombaknya, kali ini lebih besar. Banyak warga yang melintas dengan kendaraan di jalan ini harus turun dan mendorong." katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengatakan, mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama Brimob Polda Jawa Tengah telah meninjau ke lokasi.

"Kemarin saya ditelepon sama ketua RW bahwa ombak semakin tinggi. Setelah dicek memang benar ombak begitu besar. Ketinggian air juga lumayan tinggi sekitar 30 centimeter," kata Wakil Wali Kota Pekalongan Afzan.

Pria yang akrab disapa Aap menambahkan, akibat gelombang tinggi ini aktivitas warga terganggu.

"Kita belum menetapkan tanggal darurat, tentunya dengan gelombang semakin hari semakin tinggi akan dievaluasi kembali," ujar Aap.

Baca juga: 3.750 Rumah hingga Kantor Kecamatan di Cilacap Terendam Banjir Rob

Kendati demikian, pihaknya telah mendengar permintaan warga meminta untuk meneruskan kembali pekerjaan tanggul yang berhenti di sisi timur. 

"Pembenahan tanggul yang ada disisi barat sepanjang 2 kilometer memang belum dikerjakan dan masih rencana untuk pembenahan," pungkasnya.

 

Artikel ini tayang di Tribunjateng.com dengan judul Tingginya Hempasan Ombak Bikin Banjir Rob di Dua Kecamatan Kota Pekalongan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com