Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karantina Mandiri karena Tertular Covid-19, Kepala Satpol PP Semarang: Semangat dan Berpikir Positif

Kompas.com - 03/06/2020, 15:04 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Satu di antara tiga pejabat Pemerintah Kota Semarang yang dinyatakan positif Covid-19 merupakan Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengumumkan tiga pejabat di lingkungan Pemkot Semarang dinyatakan positif Covid-19 di antaranya Kepala Dinas, Sekretaris Camat dan Camat.

Fajar diduga tertular Covid-19 saat dirinya kerap kali berinteraksi dengan masyarakat saat bertugas melakukan patroli penertiban penanganan Covid-19 di wilayah Semarang.

Baca juga: Kerap Berinteraksi dengan Warga, 3 Pejabat Pemkot Semarang Positif Covid-19

Fajar saat ini sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya dengan status orang tanpa gejala (OTG) karena kondisinya sehat.

"Saya sehat, engak usah takut. Statusnya OTG karena rentan sekali bersinggungan dengan masyarakat saat melakukan penertiban," jelas Fajar melalui siaran video yang diterima, Rabu (3/6/2020).

Saat menjalani karantina di rumah, Fajar melakukan berbagai aktivitas untuk meningkatkan imunitas agar kondisi terus membaik tentunya penerapan protokol kesehatan.

"Yang penting kita menikmati masa isolasi diri di rumah, ketemu anak dan istri, istirahat tidur yang cukup dan nyanyi-nyanyi agar jiwa dan raga merasa nyaman dan selalu bahagia," katanya.

Hanya dengan berpikir positif dan tetap semangat, kata Fajar, akan mampu menghalau Covid-19, tentunya juga menerapkan disiplin sesuai dengan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM).

"Yang penting semangat, jangan berpikir negatif. Kalau kita berpikir positif, Insya Allah akan mendapatkan kesembuhan," katanya.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Bertambah 40, Sulsel Dianggap Sulit Terapkan New Normal

Fajar mengungkapkan seluruh anggota Satpol PP juga sudah menjalani swab test massal guna mencegah penularan Covid-19.

"Sudah dilakukan swab test kepada seluruh anggota. Mudah-mudahan dapat mencegah penularan. Pokoknya terus semangat, aku aja semangat terus," ungkapnya.

Fajar berharap dapat segera berkumpul dan kembali menjalankan tugasnya bersama tim patroli usai dirinya menjalani karantina mandiri.

"Mudah-mudahan dapat berkumpul kembali bertugas kembali dalam waktu dekat. Kuncinya tenang jangan emosi. Nek mati (kalau meninggal) dan syukur dibawa Allah SWT selalu bersama kita," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com