Pemkab Banyumas Terjunkan Tim Bermotor Buru Warga Tak Bermasker

Kompas.com - 30/05/2020, 13:58 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (28/5/2020). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINBupati Banyumas Achmad Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (28/5/2020).

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas akan bertindak lebih tegas terhadap warga yang nekat tidak menggunakan masker.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, pihaknya telah membentuk tim bermotor yang bertugas memburu warga, terutama pengendara yang tidak menggunakan masker.

"Apabila ditemukan pengendara  yang lari karena tidak menggunakan masker, tim dengan kendaraan roda dua akan langsung mengejar. Ini untuk memberikan efek jera," kata Husein melalui siaran pers, Sabtu (30/5/2020).

Baca juga: Penutupan Obyek Wisata di Banyumas Diperpanjang hingga 30 Juni

Husein mengatakan, berbagai langkah telah dilakukan untuk mendisiplinkan warga agar menggunakan masker. Mulai dari peringatan lisan, penyitan KTP hingga sanksi berupa denda maskimal Rp 50.000 melalui proses sidang tipiring.

"Bukannya tidak tahu protokol kesehatan, mereka cenderung orang yang ndableg dan ngeyel. Di beberapa tempat masih ditemukan orang yang tidak menggunakan masker, sekitar sepuluh persen," ujar Husein yang selalu memimpin kegiatan operasi masker.

Baca juga: Mulai Juni, Tempat Ibadah di Banyumas Akan Dibuka Bertahap

 

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas Agus Nur Hadi menjelaskan, tim yang terdiri dari empat orang tersebut akan standby pada saat operasi penggunaan masker yang dilakukan tim gabungan pemkab.

"Tim bermotor ini untuk mem-backup tim yang menggelar operasi, tim stand by di lokasi. Selama ini ketika dilakukan operasi, ada pengendara yang terkesan ngeledek, seolah-olah akan berhenti, tapi kemudian kabur," ungkap Agus.

Agus mengatakan operasi penertiban penggunaan masker digelar setiap hari. Operasi digelar di berbagai titik dengan waktu yang berbeda-beda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X