Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pemudik dari Jakarta Positif Covid-19, 1 Kampung Dikarantina

Kompas.com - 29/05/2020, 18:39 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas memutuskan mengisolasi sebuah kampung di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (29/5/2020).

Hal itu menyusul ditemukannya seorang warga RT 2 RW II desa setempat terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Pasien berjenis kelamin perempuan dengan usia 26 tahun itu diketahui baru pulang dari Jakarta.

"Ini perlu saya umumkan karena kita akan melakukan pembatasan sosial sangat ketat di situ, karena ada kemungkinan besar akan menjadi klaster baru. Hasil rapid test sudah merambah di sekitarnya," kata Husein melalui siaran pers.

Baca juga: Bupati Banyumas: Kami Sudah New Normal dari Dulu

Husein menjelaskan, pembatasan sosial atau micro lockdown di wilayah tersebut diberlakukan di satu RT atau RW tergantung kondisi di lapangan.

Selain di lokasi tersebut, lanjut Husein, pihaknya juga kemungkinan akan mengisolasi sebagian wilayah di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang.

Pasalnya seorang perempuan berusia 71 tahun warga RT 1 RW III ditemukan terkonfirimasi positif Covid-19.

"Kemungkinan besar tertular dari anaknya yang pulang dari Jakarta, dan satu keluarga di-rapid test, semuanya reaktif. Kita akan rapid test di lingkungan setempat dan bilamana hasilnya reaktif, besar kemungkinan akan ada pembatasan sosial sangat ketat," ujar Husein.

Menurut Husein, keputusan pembatasan sosial di Desa Tipar Kidul akan ditentukan, Sabtu (30/5/2020), setelah pihaknya melakukan rapid test di lingkungan setempat.

Baca juga: Status Tanggap Darurat Corona di Banyumas Diperpanjang

Dengan penambahan dua kasus tersebut, hingga saat ini tercatat 65 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Banyumas. Rinciannya 45 orang sembuh, 17 orang dirawat dan tiga orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com