Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persyaratan Ketat, Bus Jurusan Purwokerto-Jakarta Pernah Bawa 1 Penumpang

Kompas.com - 29/05/2020, 10:24 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Bus jurusan Purwokerto-Jakarta yang berangkat dari Terminal Bulupitu Purowkerto, Kabupaten Banyumas, sepi penumpang.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Bulupitu Bayu Setiawan Dwi Putranto mengatakan, tak jarang bus hanya membawa satu penumpang dari Terminal Bulupitu menuju Jakarta.

"Untuk arus balik ke Jakarta masih minim. Kemarin diberangkatkan hanya satu penumpang dari Bulupitu dan kedatangan dini hari juga hanya satu penumpang," kata Bayu melalui aplikasi pesan singkat, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Masuk Jakarta Tanpa SIKM, 2 Penumpang KA Dikarantina di GOR Gambir

Jumlah bus yang berangkat dari Terminal Bulupitu menuju Jakarta pun dikurangi. Kini, hanya ada satu bus yang berangkat ke Jakarta setiap harinya. 

Hal serupa juga terjadi dengan rute sebaliknya. Hanya ada satu bus dari Jakarta menuju Terminal Bulupitu Purwokerto dalam sehari.

Menurut Bayu, hal itu dilakukan karena tak penumpang yang sepi.

"Karena memang tidak ada penumpang, rata-rata hanya satu dua. Dengan persyaratan super ketat, kemungkinan pada menunda perjalanan," ujar Bayu.

Penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan bus ke Jakarta harus melalui pemeriksaan berlapis.

Pemerintah itu, kata Bayu, dilakukan oleh PO bus. Calon penumpang harus memiliki surat rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyumas.

"Untuk Kabupaten Banyumas berlapis, baik dari PO bus, kemudian saat minta rekomendasi dari gugus tugas daerah, diperiksa juga sama Dishub Banyumas dan saat mau berangkat diperiksa lagi dari terminal," jelas Bayu.

Baca juga: Viral Video Desain Bus Disebut Menyesuaikan New Normal, seperti Apa?

Bayu menambahkan, manajemen Terminal Tipe A Bulupitu telah menyosialisasikan persyaratan yang harus dipenuhi penumpang kepada pengelola bus.

"Sudah kami sosialisasikan dari awal terkait persyaratan yang wajib dipenuhi, dan sampai saat ini penumpang sudah memenuhi persyaratan yang dimaksud," kata Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com