Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Uu: 27 Kabupaten dan Kota di Jabar Terapkan New Normal 1 Juni, Desa Zona Merah Masih PSBB

Kompas.com - 28/05/2020, 19:36 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pemberlakuan new normal sesuai arahan pemerintah pusat akan diterapkan di semua kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat mulai Senin (1/6/2020) nanti.

Namun, pemberlakuan sosial berskala besar (PSBB) masih akan diterapkan dengan skala wilayah lebih kecil yakni bagi kelurahan atau desa kategori zona merah Covid-19.

"Senin (01/06/2020) pemberlakuan new normal akan dijalankan serentak di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat," kata Wagub Uu saat ditemui Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Hendak Menuju ke Jakarta, Ratusan Kendaraan Diputar Balik di Karawang

"Semua daerah akan membuka kembali fasilitas umum, sektor ekonomi dan sektor penting-penting lainnya sesuai protokol kesehatan dan mekanisme yang ditentukan."

"PSBB masih berlaku bagi wilayah desa atau kelurahan kategori zona merah Covid-19." 

Jika warga tak juga sadar, new normal akan sia-sia

Wagub Uu menambahkan, saat mulai penerapan new normal Jabar per 1 Juni nanti, diharapkan masyarakat tak perlu diberitahukan kembali oleh pemerintah provinsi atau daerahnya masing-masing.

Paling penting dalam penerapan new normal supaya kasus Covid-19 tak bertambah adalah kesadaran masyarakat dalam menjaga jarak, kebersihan, dan taat aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Cerita di Balik Video Viral 6 Suster dari Jember Bernyanyi Lagu Idul Fitri, Ternyata gara-gara Covid-19

"Karena kalau masyarakat tidak taat, ya... akan bahaya lagi. Coba diberlakukan PSBB lagi, ini justru akan merugikan lagi semuanya mulai dari sektor ekonomi tak bergerak dan sektor lainnya," tambah Uu.

Dalam pemberlakuan new normal, lanjut Uu, semua fasilitas umum nantinya akan dijaga oleh petugas polisi, TNI, unsur pemerintahan daerah terkait sampai kepada petugas keamanan tempat umum yang akan dilatih terlebih dahulu.

Penerapan new normal akan dijaga aparat

Sampai sekarang, Pemprov Jabar bersama Polda Jabar dan Kodam Siliwangi serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) lainnya tengah merumuskan mekanisme yang nanti akan diterapkan.

"Misal nanti ada Satpam Mal ya, itu akan dilibatkan dalam penjagaan selama new normal dan akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu," ujar dia.

Baca juga: New Normal di Jabar Diterapkan pada 1 Juni

Sementara di fasilitas umum milik pemerintah pun seperti ruang publik atau sarana perkantoran akan dilibatkan penjagaan TNI dan Polri selain dari unsur pemerintahan daerah setempat.

"Semuanya, masjid, sekolah dan fasilitas umum lainnya akan dilakukan penjagaan oleh anggota Polri dan TNI serta dari unsur pemerintahan daerah masing-masing daerah di 27 kota dan kabupaten yang ada di Jabar," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com