Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Corona Kalsel 27 Mei: 703 Pasien Positif, 71 Meninggal, 81 Sembuh

Kompas.com - 27/05/2020, 19:44 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kasus pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali melonjak, Rabu (27/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel M Muslim mengatakan, lonjakan ini disumbang dari hasil tracing dan tracking di tujuh kabupaten dan kota.

"Terdapat penambahan kasus positif Covid-19 baru hari ini sebanyak 73 orang sehingga total saat ini yang ditangani berjumlah 703 kasus," ujar Muslim kepada wartawan.

Baca juga: Soal New Normal, Wali Kota Banjarmasin Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

Dari tujuh daerah tersebut, kata dia, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin merupakan penyumbang terbanyak, masing-masing 42 dan 23 kasus.

Selain dari hasil tracing, terdapat penambahan kasus positif yang disumbang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang naik statusnya menjadi positif berdasarkan hasil swab.

"Ada 15 orang PDP yang naik statusnya menjadi positif setelah hasil uji swab sudah diketahui. Ada juga 8 orang dari hasil tracking," ungkapnya.

Baca juga: PMI Banjarmasin Krisis Darah, ASN Diminta Jadi Donor

Muslim menambahkan, 551 dari 703 pasien tersebut saat ini menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan karantina secara khusus.

Tak cuma itu, pada hari ini terdapat 4 pasien positif yang meninggal dunia sehingga total kasus yang meninggal dunia sebanyak 71 orang.

"Rinciannya, 2 orang dari Banjarmasin, 1 orang dari Kabupaten Banjar dan 1 orang dari Kabupaten Hulu Sungai Utara. Total kasus meninggal dunia sebanyak 71 orang," bebernya.

Sementara itu, lanjutnya, terdapat 1 orang pasien asal Banjarmasin dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, pasien corona yang dinyatakan sembuh di Kalsel berjumlah 81 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com