Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Solo Akan Tutup Pasar Tradisional 14 Hari Jika Ada Pedagang Positif Corona

Kompas.com - 27/05/2020, 13:55 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menutup sementara aktivitas pasar tradisional selama 14 hari, jika ada pedagang yang hasil swab-nya terkonfirmasi positif terkena virus corona atau Covid-19.

Pemkot diketahui telah melakukan rapid test kepada para pedagang pasar tradisional di Solo.

Dari sekian pedagang yang menjalani rapid test, ada dua yang hasilnya dinyatakan reaktif. Dua pedagang berasal dari Pasar Depok.

"Ada dua pedagang hasil rapid tesnya reaktif. Dua pedagang ini dari Pasar Depok," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Tak Ingin Jadi Penyebar Virus Corona, Wali Kota Solo Jalani Rapid Test

Dua pedagang yang hasil rapid test-nya reaktif tersebut sudah melakukan uji swab tenggorokan. Pihaknya masih menunggu hasil swab tersebut keluar.

"Kalau nanti ada pedagangnya positif satu akan ditutup selama 14 hari," terang Rudy.

Penutupan sementara selama 14 hari juga berlaku bagi pusat perbelanjaan maupun pasar modern di Solo, jika ada salah satu karyawannya terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

"Sementara ini belum ada yang terkena (virus corona). Baru dua pedagang hasil rapid test-nya reaktif. Mudah-mudahan hasil (swab) nanti negatif," imbuh dia.

Rudy mengimbau pedagang maupun pembeli untuk tetap melaksanakan protokol tetap (protap) kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

"Jadi, mohon pengertiannya supaya pedagang dan pembeli tetap melaksanakan protap kesehatan penanganan Covid-19," ungkap Rudy.

Baca juga: Status KLB Corona di Solo Kembali Diperpanjang hingga 7 Juni 2020

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, akan kembali melaksanakan rapid test setelah Lebaran dengan menyasar pasar tadisional dan pusat perbelanjaan.

"Seminggu setelah lebaran kita akan lakukan rapid test untuk pasar tradisional dan mal," ungkap Siti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com