Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abaikan Imbauan Pemerintah, Warga Mataram Shalat Id di 125 Masjid

Kompas.com - 24/05/2020, 17:23 WIB
Fitri Rachmawati,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Meskipun sudah ada imbauan pemerintah agar masyarakat shalat Idul Fitri di rumah saja bersama keluarga, namun warga Kota Mataram mengabaikan imbauan tersebut dan tetap menjalankan shalat Idul Fitri di 125 masjid yang tersebar di Kota Mataram.

Kabag Ops Polres Kota Mataram, Kompol M Taufik, Minggu (24/5/2020) yang melakukan pemantauan mengatakan, hanya 20,59 persen masjid yang digunakan warga melaksankan shalat Idul Fitri.

"Prosentasenya kecil sekali, dari 607 masjid di Kota Mataram, hanya 125 masjid yang digunakan oleh warga untuk shalat Id, jadi hanya 20,59 persen saja," kata Taufik.

Awalnya, jumlah masjid yang akan menjalankan shalat Idul Fitri cukup banyak.

Baca juga: Warga Masih Berdesakan Beli Baju Lebaran, Wali Kota Mataram Tutup 22 Toko dan Mal

Tetapi, setelah melakukan sosialisasi dan imbauan sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan SK Gubernur NTB agar masyarakat tidak melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka, jumlah tersebut bisa ditekan.

Dari pantauan aparat kepolisian, pelaksanaan shalat Idul Fitri di ratusan masjid itu dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Taufik menuturkan, bahkan shaf jemaah diatur atau memberlakukan physical distancing.

Salah satu lokasi yang dipantau Kompas.com, adalah lingkungan Irigasi, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Nampak sejumlah warga sejak pukul 06.00 Wita, bergegas menuju ke Masjid Khairul Huda, untuk menjalankan shalat Idul Fitri.

Warga bersepakat menjalankan shalat Idul Fitri karena lingkungan mereka masuk zona hijau atau nol angka positif Covid-19.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com