Truk Tangki BBM Meledak di SPBU Wirosari, Sopir Alami Luka Bakar dan Patah Tulang

Kompas.com - 23/05/2020, 17:51 WIB
Truk tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina terbakar hebat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5/2020) siang. KOMPAS.COM/PUTHUT DWI PUTRANTO NUGROHOTruk tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina terbakar hebat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5/2020) siang.

GROBOGAN, KOMPAS.com - Truk tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina terbakar hingga meledak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5/2020) siang.

Sopir truk tangki BBM Raharjo (43), warga Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah harus dilarikan ke Rumah Sakit Yakkum Purwodadi karena mengalami luka bakar dan patah tulang.

"Dirujuk ke RS Yakkum akibat luka bakar pada tangan dan kaki," kata Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Andi Moh Akbar Mekuo saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Sabtu (23/5/2020).

Baca juga: Truk Tangki BBM Meledak hingga Terbakar di SPBU, Sopir Terbakar dan Terpental

Musibah kebakaran truk yang memicu ledakan keras tersebut menghebohkan warga serta pengendara di sekitar SPBU 44.581.05 yang berlokasi di jalan Blora - Grobogan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, kebakaran truk tangki berkapasitas 32.000 liter bahan bakar minyak itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Saat itu tengah berlangsung proses bongkar bahan bakar minyak jenis premium di SPBU.

Sopir truk, Raharjo yang naik di atas tangki saat proses pengisian premium itu mencoba mengecek tangki dengan menggunakan "dipstick" atau tongkat besi pengukur tangki BBM.

Dipstick sepanjang 4 meter itu dimasukkan ke lubang tangki bagian atas.

Hanya saja, saat Raharjo menarik dipstick, tak sengaja menyenggol kabel listrik PLN yang berada di atas hingga kemudian memicu percikan api.

"Saat itu juga terjadi kebakaran hingga ledakan. Sopir terbakar dan terpental," kata Sukisno (31), kernek truk tangki BBM bernopol G 1972 EE, warga Kabupaten Sukoharjo.

Bunyi ledakan disertai kobaran api yang membakar truk tangki BBM tersebut membuat pekerja SPBU berlari berhamburan.

Beberapa pekerja SPBU diantaranya melakukan pemadaman dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan) sambil menunggu Unit Damkar meluncur ke SPBU.

Kebakaran truk tangki BBM kemudian berhasil dipadamkan selama satu jam oleh petugas damkar menggunakan satu unit kendaraan damkar.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X