Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Orang Reaktif Saat Rapid Test, Tiga Swalayan di Kota Banjar Ditutup

Kompas.com - 22/05/2020, 21:58 WIB
Candra Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANJAR, KOMPAS.com - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar menutup tiga swalayan di Kota Banjar, Jawa Barat mulai Sabtu hingga Senin (23-25/5/2020). Tiga swalayan yang ditutup yakni Yogya Depstore, Padjajaran, dan Samudra.

"Ada beberapa swalayan yang memang harus ditutup. Dan ada toko-toko perhiasan yang memang sudah tidak bisa diatur, melanggar PSBB," jelas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar yang juga sebagai walikota, Ade Uu Sukaesih melalui keterangan tertulis, Jumat sore (22/5/2020).

Ketiga swalayan tersebut bisa kembali buka pada tanggal Selasa (26/5/2020). Namun itu pun tetap akan melalui tahap evaluasi lagi.

Baca juga: Pedagang Sayur Positif Covid-19, Pasar Kolpajung Pamekasan Tak Ditutup

Tindakan ini diambil karena adanya kerumunan orang yang berbelanja di swalayan dan toko perhiasan tersebut. Warga yang datang disebut-sebut tidak mematuhi protokol Covid-19. "Jika tetap ngeyel, akan ditutup lagi," jelas Ade.

Kota Banjar, lanjut Ade, melanjutkan PSBB yang kedua. Hal ini karena hasil evaluasi dengan Gubernur Jawa Barat, Banjar ada di level tiga.

"Ada kekhawatiran kerumunan-kerumunan orang, banyak yang mudik, datang dan belanja, (orang tersebut) tidak peduli (terhadap bahayanya Covid 19)," kata Ade.

Jumat pagi, tim Gugus Tugas Covid-19 mengadakan rapid tes massal di dua swalayan, Pajajaran dan Samudra. Hasil dari rapid tes massal ini, kata Ade, ada 9 orang dinyatakan reaktif di dua swalayan itu.

"Ini harus isolasi di rumah sakit," jelas Ade.

Baca juga: Pembeli Membludak, Pasar Murah Pemprov Sumut Akhirnya Ditutup

Ade mengaku sedih mengambil kebijakan menutup swalayan tersebut. Namun kebijakan ini terpaksa diambilnya karena pihak swalayan tak bisa diatur lagi.

"Saya sayang semua. Saya berjuang mengabdi untuk negara. Supaya Covid cepat-cepat selesai," jelas Ade.

Ade menegaskan, pemerintah tak ingin berlama-lama pada situasi seperti ini. Dia mengaku kasihan kepada pelajar, pedagang dan semua warga.

"Tapi kalau seperti ini, sebagian melanggar, sebagian abai, tak peduli, tak takut, mau sampai kapan? Ayo sama-sama memaafkan, saling hormat, saling menghargai supaya nanti (hari) Minggu kita bisa merayakan kemenangan. Banjar menang kalau kita semua peduli, Banjar juara kalau kita berjuang," tegas Ade.

Bagian HRD Swalayan Padjajaran, Teguh Hartanto mengatakan, secara manajemen pihaknya sangat dukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Adanya penutupan swalayan, pihaknya tidak menolak upaya pemerintah ini.

"Kita ikuti aturan pemerintah, kita kooperatif," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com