Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Warga Reaktif Corona Kabur Saat Dijemput Petugas, Polisi Masih Mencari

Kompas.com - 22/05/2020, 16:53 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Pria berinisial HM (20) asal Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, melarikan diri dari rumahnya setelah puskesmas setempat menyatakan dirinya reaktif corona berdasarkan hasil rapid test.

Informasi yang diperoleh Kompas.com, Jumat (22/5/2020), menyebutkan, HM menjalani rapid test sebanyak dua kali. Keduanya menunjukkan hasil reaktif corona.

Awalnya, HM datang ke Puskesmas Meurah Mulia dengan keluhan sakit perut dan mencret. Setelah itu, tim medis melakukan rapid test pada 19-20 Mei 2020. Keduanya menunjukkan reaktif.

“Setelah itu, pasien pulang ke rumah. Petugas puskesmas datang ke rumahnya untuk membawa HM ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia dilakukan swab test. Namun HM melarikan diri dari rumahnya,” kata seorang sumber di Kecamatan Meurah Mulia, yang tak mau disebutkan namanya dihubungi per telepon.

Baca juga: Niat Baik Bantu Ambulans Terperosok, 2 Warga Aceh Utara Dikarantina, Tak Tahu Bawa PDP Corona

Lalu tim puskesmas sudah mendatangi keluarga HM untuk melakukan rapid test. Hasilnya, seluruh keluarga itu negatif.

“Namun HM sampai sekarang belum ditemukan,” sebut sumber tadi.

Juru Bicara Covid-19 Aceh Utara, Andre Prayudha, mengaku tak mengetahui detail informasi itu.

“Coba ke Jubir Covid yang ada di Dinkes Aceh Utara, Zulfitri. Saya tak tahu info detailnya. Takut salah,” sebut Andre.

Sedangkan Juru Bicara Covid-19 Dinas Kesehatan Aceh Utara, Zulfitri tidak menjawab pesan singkat lewat aplikasi WhatsApp dan telepon hingga berita ini dikirimkan.

Sementara itu, Kepala Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin, membenarkan pihaknya menerima informasi bahwa akan ada pasien dari Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, dengan status reaktif corona.

“Tapi kami tidak tahu sampai sekarang belum sampai ke rumah sakit. Kami sudah dikabari soal akan ada pasien itu,” pungkasnya.

Polisi bantu cari

Sementara itu, dikonfirmasi via telepon, Wakil Kepala Kepolisian Resor Lhokseumawe, Kompol Ahzan, menyebutkan polisi turut membantu pencarian pemuda yang reaktif virus corona itu.

"Kemarin Polsek Meurah Mulia turut mendampingi rapid test untuk 10 keluarga pemuda itu. Hasilnya negatif. Sekarang kita cari dia, sampai sekarang menghilang. Belum ketemu," sebut Ahzan.

Baca juga: Antisipasi Corona, Ratusan Pejabat Aceh Utara Dijemur Saat Dilantik

 

Dia menyebutkan, foto pemuda itu telah disebar ke sejumlah Polsek untuk memudahkan mencarinya. "Kami imbau agar dia kembali ke rumah, agar kita ambil swabnya. Ini kan untuk kesehatannya juga dan untuk kebaikan semua masyarakat," pungkas Ahzan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com