Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Rumpun Keluarga Sumbang 5 Pasien Positif Corona di Luwu Utara

Kompas.com - 22/05/2020, 12:20 WIB
Amran Amir,
Dony Aprian

Tim Redaksi

LUWU UTARA, KOMPAS.com – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Komang Krisna mengumumkan, penambahan 5 kasus positif Covid-19 berasal dari klaster keluarga.

“Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 40 orang. Nah, dari sekian kasus positif di Luwu Utara, muncul klaster rumpun keluarga karena dari 8 kasus positif Covid-19, semuanya ada hubungan keluarga yang sangat dekat. Sementara  satu kasus positif lainnya adalah seorang penjual di pasar Masamba, Luwu Utara,” kata Krisna kepada wartawan, Kamis (21/5/2020) malam.

Baca juga: Dua Sungai di Luwu Utara Meluap, Tiga Kecamatan Terendam

Menurut Krisna, tambahan 5 kasus positif hari ini yakni RL (35) alamat Masamba, NH (70) alamat Masamba, FT (41) alamat Masamba, AR (15) alamat Masamba dan RN (73) alamat Masamba.

“Penambahan terus terjadi pada klaster rumpun keluarga. Kasus bertambah karena pernah kontak erat dengan salah satu keluarga yang sebelumnya dinyatakan positif covid-19,” ucap Krisna.

Krisna berharap masyarakat tetap di rumah untuk memutus rantai penularan covid-19.

“Kami juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik atau melakukan perjalanan ke tempat-tempat lain, termasuk ke keluarga yang ada di daerah lain karena virus ini tersebar karena pergerakan manusia,” imbuh Krisna.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Luwu Utara, per Kamis (21/05/2020) pukul 19.30 WITA, jumlah kasus Positif sebanyak 40 orang, 15 dinyatakan sembuh dan 25 orang dalam masa perawatan atau karantina.

Baca juga: Bupati Luwu Utara Luncurkan BLT Dana Desa untuk Warga Terdampak Covid-19

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdapat 25 orang, 1 orang telah meninggal dunia, 23 orang dinyatakan sehat, dan 1 orang dalam masa isolasi.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 192 orang, 190 orang telah selesai dalam pemantauan dan 2 orang dalam proses pemantauan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com