Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko PMK: 95 Pasien Covid-19 di RSKI Pulau Galang Sehat

Kompas.com - 20/05/2020, 13:39 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi mes perawat yang berada satu kompleks dengan RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pada kesempatan tersebut, Muhadjir menjelaskan saat ini di RSKI Covid-19 Pulau Galang terdapat 95 pasien Covid-19.

 

Baca juga: Sembuh dari Corona, 40 Kru KM Kelud Tinggalkan RSKI Pulau Galang

Sedangkan total kapasitas tempat tidur dari RS yang dibangun atas inisiatif Presiden itu dapat mencapai 360 tempat tidur.

"Dari 95 orang yang dirawat di sini alhamdulillah dalam keadaan sehat, tidak ada satu pun yang mengalami fatalitas," kata Muhadjir di RSKI Covid-19 Pulau Galang.

Muhadjir mengaku itu artinya kita patut bersyukur antisipasi terburuknya tidak terjadi dan Indonesia masih mendapatkan kondisi sangat baik dalam menghadapi Covid-19.

Kendati demikian, bukan berarti masyarakat boleh lengah, melainkan justru harus meningkatkan kewaspadaan dan terus menjaga kehati-hatian sampai wabah Covid-19 betul-betul tuntas.

Terlebih memasuki era new normal life atau kehidupan normal kembali pasca Covid-19, masyarakat diimbau tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

"Bagaimanapun covid-19 tetap masih ada dan akan terus ada, sehingga pola hidup bersih dan sehat tetap harus dijaga," terang Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, ke depan juga bakal ada rumah sakit yang khusus menangani Covid-19 mirip RSKI Covid-19 Pulau Galang ini.

Bahkan, menurut rencana, RSKI Covid-19 Pulau Galang nantinya akan digunakan untuk melayani para pekerja migran.

Sebagaimana diketahui, Pulau Galang adalah penyeberangan masuknya para pekerja Indonesia yang bekerja di luar, khususnya di negeri tetangga.

"Ini nanti akan kita bicarakan kembali, syukur-syukur bisa jadi RS rujukan utama. Karena posisinya Batam yang strategis, maka RS ini menjadi sangat strategis untuk kepentingan pelayanan khusus wilayah Batam dan wilayah Indonesia bagian barat," tutur Menko PMK.

Baca juga: RS Khusus Covid-19 Pulau Galang Tangani 17 Pasien Positif Corona

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK didampingi para pejabat lainnya juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi para dokter, tenaga medis, dan juga tenaga teknisi yang telah berjasa di RSKI Pulaua Galang.

Tidak saja memberikan semangat, Muhadjir juga memberikan bantuan baik kepada petugas RSKI Covid-19 Pulau Galang maupun masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar RS, tepatnya di Desa Sijantung, Kecamatan Galang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com