Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Residivis Pencurian Mobil Kabur usai Baku Tembak dengan Polisi

Kompas.com - 20/05/2020, 09:50 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANYUASIN, KOMPAS.com - Seorang pria berninisial AN yang merupakan salah satu pelaku pencurian mobil jenis Mitsubishi L300 di Jalan Raya Palembang- Betung Km 16, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, Sumatera Selatan, kabur setelah terlibat baku tembak dengan polisi saat akan ditangkap.

Sementara rekan pelaku, Doni Andhika (30), warga Desa Haji Pemanggilan, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah Lampung, ditangkap setelah dilumpuhkan petugas.

Baca juga: Komplotan Spesialis Pencurian Mobil di Jatim Ditangkap Polisi

Kapolsek Talang Kelapa Kompol Masnoni mengatakan, keduanya terlibat aksi pencurian mobil milik Ruswandi yang sedang terparkir di depan rumah pada Sabtu (16/5/2020) kemarin.

Mereka membawa kabur mobil milik korban setelah merusak kunci kontak.

Mengetahui mobilnya telah dicuri, korban langsung melacak GPS untuk mencari keberadaan pelaku.

Di sana ia mengetahui bahwa mobil itu sudah mengarah ke tol Palembang- Kayu Agung.

"Setelah itu korban melapor ke kita dan langsung melakukan pengejaran ke sana," kata Masnoni melalui pesan singkat, Rabu (20/5/2020).

Masnoni menerangkan, setelah petugas menuju ke arah tol, mereka mendapati mobil tersebut sedang berhenti di pinggir jalan. 

Tersangka Doni yang sedang santai di dalam mobil langsung diamankan petugas.

Sementara, An yang melihat rekannya tertangkap langsung mengeluarkan senjata api dan menembak ke arah polisi.

"Kita sempat empat melepaskan tembakan peringatan namun dibalas oleh pelaku dengan melepaskan tembakan dua kali dan dilakukan pengejaran. Karena jarak pelaku sudah terlalu jauh dia berhasil melarikan diri," ujarnya.

Baca juga: Komplotan Pencuri Mobil Lintas Daerah Ditangkap, 1 Tewas Ditembak

Saat ini, petugas masih memeriksa Doni untuk mengorek keterangan agar dapat menangkap An yang kini telah ditetapkan sebagai DPO.

"Pelaku yang DPO ini juga warga Lampung Tengah, mereka sengaja datang ke sini memang untuk mencuri mobil. Kita sedang melakukan pemeriksaan mendalam, di mana saja mereka ini beraksi. Pelaku pernah ditahan atas kasus narkoba di Lampung," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com