Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawat RSUD Tidar Kota Magelang Dinyatakan Sembuh dari Corona

Kompas.com - 19/05/2020, 09:55 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang, Jawa Tengah, Majid Rohmawanto mengumumkan seorang perawat terpapar corona (Covid-19) dinyatakan sembuh. 

"Pasien sembuh merupakan tenaga kesehatan yang sehari-hari bekerja di RSUD Tidar Kota Magelang,” kata Majid, dalam keterangan pers, Senin (19/5/2020) malam.

Majid menambahkan, pasien sembuh setelah dua kali swab menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Magelang Tambah 7, Riwayat Kontak dengan Peserta Ijtima Ulama Gowa

Kesembuhan tenaga kesehatan ini menambah daftar pasien positif asal Kota Magelang yang sembuh, sehingga menjadi 7 orang data per Senin (19/5/2020).

"Total pasien yang sembuh dilaporkan ke pusat ada tujuh orang,” ujar Majid, yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang itu.

Diberitakan sebelumnya, tenaga kesehatan berjenis kelamin laki-laki ini diduga terpapar Covid-19 dari salah satu pasien yang dirawat di bangsal umum RSUD Tidar Kota Magelang.

Baca juga: Rindu Anak, Craigh Warga Kanada di Magelang Tolak Karantina

Belakangan diketahui jika pasien tersebut positif terinfeksi Covid-19.

Selanjutnya, setelah seorang tenaga kesehatan diduga tertular, tim segera melaksanakan rapid diagnostic test (RDT) terhadap lebih dari 170 tenaga kesehatan RSUD Tidar yang hasilnya non reaktif atau negatif.

"Sudah RDT dan semua hasilnya negatif," tuturnya.

Sementara itu, hingga Senin (18/5/2020) malam, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Magelang menyentuh angka 22 orang, dengan rincian 10 orang masih dirawat,  1 orang pulang pantau, 7 orang pulang sembuh dan 4 orang meninggal dunia.

Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 305 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 277 orang (1 orang meninggal dunia) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 31 orang (3 meninggal dunia). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com