Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kaya Dapat, yang Meninggal Tercatat, Karut-marut Penyaluran BST di Nagan Raya Aceh

Kompas.com - 18/05/2020, 14:12 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah warga yang tergolong mampu atau berstatus orang kaya ditemukan dalam daftar penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Selain itu, ada warga yang sudah meninggal lama, juga tercatat sebagai penerima dana sebesar Rp 600.000 selama tiga bulan ke dapan tersebut.

“Menyangkut dengan adanya penerima BST Nagan Raya yang sudah lama meninggal dunia memang benar adanya, termasuk kalangan orang kaya yang menerima BST, juga ada,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Kemiskinan pada Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Asmaul Husna, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Polres Pangkep Tangkap Pelaku Perundungan terhadap Penjual Jalangkote

Dilansir dari Antara, menurut Asmaul, kekacauan tersebut berawal saat pengajuan data awal penerima bantuan dengan menggunakan data tahun 2015.

Lalu, hingga batas waktu yang ditentukan, data tersebut tidak diverifikasi.

“Sudah pernah diberikan datanya ke camat untuk dilakukan verifikasi faktual, tetapi sampai sekarang tidak dilakukan verifikasi. Ini yang membuat kacau,” katanya.

Bantuan dihentikan sementara

Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, TR Johari menyerahkan secara simbolis bantuan dana sosial tunai (BST) sebesar Rp600 ribu/orang yang dipusatkan di Halaman Kantor Pos Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (12/5/2020). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Nagan Raya)- Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, TR Johari menyerahkan secara simbolis bantuan dana sosial tunai (BST) sebesar Rp600 ribu/orang yang dipusatkan di Halaman Kantor Pos Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (12/5/2020). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Nagan Raya)

Mengatasi hal tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya akan meminta PT Pos Indonesia untuk menghentikan sementara penyaluran BST, sembari menunggu validnya data calon penerima bantuan.

Baca juga: Salurkan Bantuan Sosial Tunai, Mensos Berharap Masyarakat Bahagia

Pihaknya juga berencana melaporkan persoalan ini kepada pimpinan daerah setempat sehingga diharapkan temuan adanya penerima bantuan yang tidak layak, serta sudah meninggal dunia, diharapkan dapat segera teratasi.

Seperti diketahui, jumlah penerima dana BST di Kabupaten Nagan Raya mencapai 6.051 orang yang tersebar di 222 desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com