Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Cegah PHK, Pemkot Madiun Borong Ratusan Produk UMKM

Kompas.com - 18/05/2020, 08:09 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan membeli atau memborong ratusan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Madiun.

Adapun beberapa produk yang dimaksud adalah sambal pecel, abon, tempe, kecap, dan telur asin.

Bagi Maidi, kebijakan tersebut merupakan langkah strategis untuk mencegah kolaps dan pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19.

“Bulan lalu ada UMKM yang merumahkan karyawannya. Kemudian saya minta karyawan tersebut dipekerjakan kembali karena kami akan membeli produk-produk UMKM-nya,” kata Maidi, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Langkah Penyelamatan, Pemerintah Bisa Gandeng UMKM dalam Penyaluran Bantuan Sosial

Maidi menambahkan, Pemkot Madiun akan membeli produk UMKM sesuai kemampuan produksi masing-masing pelaku usaha.

Nantinya, produk-produk tersebut akan digabungkan dengan paket sembako serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pusat maupun daerah, untuk diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Jadi di tengah wabah ini pelaku UMKM tetap bisa eksis dengan menjalankan aktivitas produksi, dan bisa menggaji karyawannya,” kata Maidi.

Dengan upaya tersebut, diharapkan perekonomian tetap bergerak, para pelaku UMKM tidak merumahkan para pekerjanya, dan bantuan bagi masyarakat tetap tersalurkan. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com