Viral Pengumuman RS dr Soetomo Surabaya Tak Terima Pasien Corona, Direktur: Tidak Benar Itu

Kompas.com - 18/05/2020, 04:14 WIB
Foto pengumuman RSU dr Soetomo Surabaya viral istimewaFoto pengumuman RSU dr Soetomo Surabaya viral
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Direktur Rumah Sakit Umum dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi mengatakan foto pegumuman yang menyebut RS Soetomo tidak menerima pasien Covid-19 adalah tidak benar alias hoaks.

Foto pengumuman tersebut viral di media sosial.

Ada dua foto yang beredar dengan pengumuman yang sama.

Baca juga: Viral Foto Pengumuman RSU dr Soetomo Surabaya Tak Terima Pasien Covid-19, Ini Faktanya..,

Foto pertama di kaca pintu masuk ruang IRD dan yang kedua ada di meja satpam salah satu ruangan di rumah sakit tersebut.

"PENGUMUMAN: UNTUK SEMENTARA IGD RSUD DR SOETOMO TIDAK BISA MENERIMA PASIEN BARU DIKARENAKAN MASIH ADA 35 PASIEN COVID-19 YANG BELUM MENDAPATKAN KAMAR ISOLASI," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Pengumuman itu ditulis tangan di atas kertas karton berukuran besar dengan tinta hitam.

"Tidak benar pengumuman itu, pengumuman itu ulah orang yang tidak bertanggung jawab," katanya kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (17/5/2020) sore.

Baca juga: RSU dr Soetomo Bantah Ada Pasien Covid-19 Kabur, Begini Faktanya

General cleaning ruangan

Ilustrasi virus corona untuk anak-anak, diambil dari buku #COVIBOOK karya Manuela Molina.Manuela Molina Ilustrasi virus corona untuk anak-anak, diambil dari buku #COVIBOOK karya Manuela Molina.
Direktur Rumah Sakit Umum dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi mengatakan informasi yang benar adalah pintu IGD RSU dr Soetomo ditutup sementara untuk pasien non Covid-19.

Hari itu penutupan sementara dilakukan untuk general cleaning pasca pemindahan pasien-pasien Covid-19.

Hal itu dilakukan agar pasien non Covid-19 yang baru datang tidak tertular.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X