Kasus Positif Corona di Papua Bertambah 75, Total 436 Kasus

Kompas.com - 17/05/2020, 19:21 WIB
Juru Bicara Staga Covid-19 Papua Silwanus Sumule KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIJuru Bicara Staga Covid-19 Papua Silwanus Sumule

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Penanganan Covid-19 Papua mengkonfirmasi adanya tambahan kasus positif virus corona baru dalam jumlah yang cukup signifikan.

Selama 24 jam terakhir, dipastikan ada 74 kasus positif virus corona baru di Papua.

"Hari ini terdapat penambahan kasus positif sebanyak 74, dengan demikian total penderita Covid-19 di Papua berjumlah 436," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule melalui sambungan telepon, Minggu (17/5/2020).

Dari jumlah tersebut, 323 masih dirawat, 106 sembuh, dan tujuh pasien meninggal dunia.

Penambahan 74 kasus baru tersebar di empat kabupaten/kota, 36 kasus baru di Kota Jayapura, 32 di Mimika, lima di Boven Digoel dan satu di Merauke.

Baca juga: Akibat 11 Tahanan Positif Covid-19, Seluruh Personel Polresta Jayapura Akan Jalani Uji Swab

Namun, Silwanus menekankan, peningkatan kasus baru yang signifikan tersebut dikarenakan bertambahnya jumlah alat PCR.

"Di Mimika (alat PCR) sudah operasional tetapi masih didampingi oleh Labkesda Dinkes Papua, kita harap minggu depan mereka sudah bisa berjalan sendiri. Kini total sudah tiga alat PCR yang operasional," kata dia.

Selain penambahan kasus positif baru, Silwanus menuturkan adanya tambahan pasien positif corona yang sembuh.

Baca juga: 11 Tahanan Polresta Jayapura Positif Covid-19

Ia pun mengapresiasi tenaga medis di Mimika yang bekerja keras merawat para pasien corona.

"Ada 17 orang yang dinyatakan sembuh yang semuanya berasal dari Kabupaten Mimika," kata  Silwanus.

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan adanya penambahan kasus pasien yang terjangkit virus corona.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Minggu  (17/5/2020) pukul 12.00 WIB, ada 489 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan tersebut menyebabkan adanya 17.514 kasus Covid-19 di seluruh Indonesia, yang tercatat sejak pengumuman kasus pertama pada 2 Maret 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X