Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tahanan Polresta Jayapura Positif Covid-19

Kompas.com - 16/05/2020, 13:31 WIB
Dhias Suwandi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura mengumumkan 11 tahanan Polresta Jayapura dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

Sebelumnya, sebanyak 40 tahanan Polresta Jayapura dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test virus corona baru atau Covid-19.

Baca juga: Viral Video Ketua KPU Sumbar dan Petugas PSBB Cekcok karena KTP dan Surat Tugas

Puluhan tahanan itu dikarantina di tiga rumah sakit, 20 tahanan di Rumah Sakit Bhayangkara, 16 tahanan di RS Marthen Indey, dan enam tahanan di RS Angkatan Laut.

"11 positif ini adalah hasil pemeriksaan PCR yang di Rumah Sakit Bhayangkara," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Nyoman Sri Antarai saat dihubungi, Sabtu (16/5/2020).

Menurut Nyoman, sampel cairan tenggorokan dari 20 tahanan lain belum diperiksa. Mereka merupakan tahanan di RS Marthen Indey dan RS Angkatan Laut.

Nyoman menambahkan, tim medis akan mengambil sampel cairan tenggorokan tahan itu nanti malam dan langsung dikirim ke laboratorium.

Selain 40 tahanan itu, Pemkot Jayapura juga akan mengambil sampel cairan tenggorokan dari 50 tahanan lain yang dinyatakan nonreaktif berdasarkan rapid test virus corona.

Sampel cairan tenggorokan seluruh personel di Polresta Jayapura juga akan diambil untuk diuji di laboratorium.

"Saya sudah bicara dengan Pak Kapolres, recananya kita juga akan mengambil swab anggota semua Polresta Jayapura yang pernah kontak dengan para tahanan di sana, terutama anggota yang bertugas menjaga tahanan, kami berharap hasilnya nanti negatif," kata dia.

Baca juga: Ini Alasan Pasien Positif Covid-19 Mengamuk dan Peluk Warga agar Tertular

Selain 11 tahanan Polresta Jayapura, sebanyak lima warga Jayapura juga dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (15/5/2020). Sehingga total ada tambahan 16 kasus baru di Jayapura.

Tambahan itu membuat 96 kasus Covid-19 tercatat di Kota Jayapura hingga Jumat (15/5/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com