Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tradisional di Karawang Jadi Sasaran Rapid Test Massal

Kompas.com - 15/05/2020, 22:26 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggencarkan rapid test atau tes cepat massal di sejumlah pasar tradisional. Tujuannya sebagai deteksi dini penyebaran Covid-19 di Karawang.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nanik Jodjana mengatakan, pihaknya berencana melakukan tes cepat massal di seluruh pasar tradisional di Karawang. Sebab, pasar menjadi salah satu tempat yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Nanik juga mengimbau pedagang atau pengunjung pasar untuk sukarela mengikuti tes itu. Sebab, kata dia, hal tersebut demi kebaikan bersama dan deteksi dini dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

"Tes ini gratis untuk siapa saja, baik pedagang maupun pengunjung," kata dia.

Baca juga: 1 Pedagang dan 2 Pengunjung Pasar di Karawang Tes Swab, Ini Hasilnya

Sejak Selasa (12/5/2020), Pemkab Karawang melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang melakukan tes cepat massal di Pasar Baru Karawang.Dari 98 pedagang dan pengunjung pasar yang mengikuti tes, dua diantaranya hasilnya reaktif.

Esok harinya, Rabu (13/5/2020), gugus tugas kembali melakukan tes cepat di Pasar Johar Karawang. Dari 198 orang yang ikut tes, satu pedagang dinyatakan reaktif.

Ketiganya kemudian diedukasi dan dan dibawa ke Rumah Sakit Khusus Paru Karawang untuk menjalani tes swab. Tim juga melakukan pelacakan kontak erat yang bersangkutan. Hasil tes swab ketiga orang itu negatif Covid-19.

Baca juga: Terimbas Corona, Pabrik Sepatu di Karawang Rumahkan 2.300 Karyawan

Kemudian pada Kamis (14/5/2020) gugus tugas melakuakan tes massal di lima tempat, yakni Terminal Cikampek, Pasar Selindo, Pasar Cikampek I, Pasar Cikampek II, dan Plaza Cikampek. Hasilnya satu orang pekeeja toko reaktif, dari 334 orang yang dites.

Pada Jumat (15/5/2020), gugus tugas menggelar tes massal di Pasar Rengasdengklok. Pada tes ini tim dibagi menjadi lima. Tim pertama standby di kantor kecamatan lama, tim kedua mobile pasar 1, tim ketiga mobile pasar 2, tim keempat mobile pasar 3, dan tim ke lima di Shelbi.

“Dari 267 rapid tes, ada satu yang reaktif. Setelah itu kami langsung bawa ke RSUD Karawang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com