Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Keluar Rumah Tanpa Masker, Penjahit Ini Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 15/05/2020, 19:00 WIB
Rosyid A Azhar ,
Khairina

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com  – Penderita Covid-19 di Provinsi Gorontalo bertambah satu orang.

Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Triyanto Bialangi saat konferensi pers, Jumat (15/5/2020).

“Pasien positif ini kami sebut dengan pasien 22. Inisial AU berjenis kelamin laki-laki, umur 63 tahun dengan alamat Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo,” kata Triyanto Bialangi.

Baca juga: Dinkes Gunungkidul Cari RS Swasta Bantu Tangani Pasien Positif Corona

AU masuk ke Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo sejak 12 Mei 2020 dengan keluhan sesak nafas, demam, batuk dan susah menelan. Hasil swab positif didapatkan pada Kamis (14/5/2020).

“Pasien 22 di-rapid test pada 12 Mei dengan hasil reaktif. Kemudian dilakukan swab pertama di Balai POM pada 14 Mei dengah hasil PCR positif. Saat ini pasien 22 dirawat di RSAS. Pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan luar daerah,” lanjut Triyanto Bialangi.

Selain satu pasien positif, satu orang juga dinyatakan sembuh yakni pasien 19.

Pasien 19 berinisial TM, laki-laki, umur 70 tahun dengan alamat Kelurahan Tomulabutao, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.

Baca juga: Saat 10 Pasien Positif Corona Kabur dari Karantina, Polisi Tak Berdaya Menghalau hingga Membuat Jalanan Macet

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat membagikan 1000 paket bahan pangan untuk warga kurang mampu di Kota Selatan, Kota Gorontalo menceritakan, penambahan satu pasien positif corona yang baru ini cukup unik.

Rusli Habibie mengatakan pasien ini bukan termasuk keluarga yang sebelumnya tertular, bukan pula orang yang kontak erat dengan orang di luar Gorontalo.

“Pasien 22 ini seorang tukang jahit. Dia masuk kategori klaster baru. Setelah ditelusuri ternyata dia sering keluar rumah dan jarang pakai masker. Ini kenapa selalu kami tekankan patuhi aturan. Pakai masker, diam di rumah, sering cuci tangan,” ujar Rusli Habibie.

Dari data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo, keseluruhan pasien positif sebanyak 22 orang.

Empat belas orang di antaranya dinyatakan sembuh, 7 orang dirawat, dan 1 orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com