Sembuh, Seorang Pasien Positif di Manokwari Diizinkan Pulang

Kompas.com - 11/05/2020, 11:44 WIB
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. BUDY SETIAWANJuru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap.

MANOKWARI, KOMPAS.com – Seorang pasien positif virus corona baru atau Covid-19 di Kota Manokwari dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang dari RSUD Provinsi Papua Barat, Senin (11/5/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Papua Barat Arnoldus Tiniap mengatakan, pasien berusia 29 tahun itu dinyatakan sembuh setelah memperoleh dua kali hasil negatif tes swab.

"Hasil follow up kedua sudah dilakukan dan dua kali negatif. Sudah boleh pulang," kata Tiniap di RSUD Provinsi Papua Barat, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Bertambah 17 Pasien, Positif Covid-19 di Papua Barat Jadi 70 Kasus

Pasien yang sembuh itu berdomisili di Kompleks Sarina, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari. 

Tiniap mengatakan, pasien itu memiliki riwayat perjalanan menghadiri Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan sebelum dinyatakan positif Covid-19.

"Dengan perkembangan kesembuhan pasien ini membuktikan bahwa penderita Covid-19 bisa sembuh dan hidup normal kembali di tengah masyarakat," ujarnya. 

Tiniap menambahkan, kondisi lima pasien positif Covid-19 lain yang dirawat di RSUD Provinsi Papua Barat sudah mulai membaik.

Sebanyak tiga pasien telah dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab pertama setelah menjalani rangkaian perawatan.

Mereka tinggal menunggu hasil tes swab kedua yang telah dikirim ke Laboratorium Makassar.

"Sedangkan dua pasien follow up pertama baru akan dikirim Selasa besok," jelas Tiniap.

Baca juga: Pejabat Kemenag Ini Sembuh dari Corona, Tipsnya Tidak Mudah Galau

Tiniap mengimbau masyarakat tak mengucilkan pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19. Terutama masyarakat di sekitar tempat tinggal pasien tersebut.

"Pasien sudah dinyatan sembuh, sehingga tidak lagi membawa atau menularkan virus," jelas Tiniap.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X