Bandara Juanda Buka Penerbangan Terbatas, Posko Covid-19 Diaktifkan

Kompas.com - 08/05/2020, 19:55 WIB
Suasana check in keberangkatan Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (25/4/2020). Kementerian Perhubungan menghentikan sementara aktivitas penerbangan komersil terjadwal baik dalam dan luar negeri untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) sebagai pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H yang dimulai 24 April hingga 1 Juni 2020. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
ANTARA FOTO/Umarul FaruqSuasana check in keberangkatan Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (25/4/2020). Kementerian Perhubungan menghentikan sementara aktivitas penerbangan komersil terjadwal baik dalam dan luar negeri untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) sebagai pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H yang dimulai 24 April hingga 1 Juni 2020. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengizinkan moda transportas untuk kembali beroperasi.

Terkait kebijakan itu, otoritas Bandara Internasional Juanda Surabaya akan membuka posko gabungan untuk melayani penerbangan khusus.

Posko ini bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Lanudal Juanda, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya.

Baca juga: Pemprov Papua Tetap Tutup Bandara dan Pelabuhan meski Menhub Izinkan Transportasi Beroperasi

Langkah ini dilakukan sebagai komitmen mendukung kelancaran perjalanan penumpang pesawat udara yang terbatas. 

Penyelengaraan posko gabungan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara tanggal 6 Mei 2020 Nomor SE 31 Tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelengaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Baca juga: Mulai 10 Mei, Bandara Pattimura Layani Penerbangan Penumpang Khusus

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo mengatakan, posko ini dilengkapi dengan fasilitas penyelenggaraan protokol kesehatan sesuai Permenhub Nomor 18 Tahun 2020.

“Dengan adanya kebijakan itu, maka demi kelancaran dan keamanan penerbangan terbatas ini, kami mengimbau para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandar Udara Juanda untuk mematuhi segala ketentuan dan aturan yang diberlakukan. Mengingat kebijakan larangan mudik oleh pemerintah masih diberlakukan," kata Heru di Terminal T1, Jumat (8/5/2020).

Heru mengimbau untuk para calon penumpang agar datang 1-2 jam sebelum jam keberangkatan.

"Karena adanya pemeriksaan kelengkapan dokumen pada posko gabungan yang telah disediakan,” ujar Heru.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul: Perjalanan Terbatas Transportasi Udara Dibuka, Bandara Juanda Aktifkan Posko Gabungan



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X