Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Nakal Bus Akap, 31 Pemudik Diturunkan di Jalur Tol untuk Hindari Penyekatan

Kompas.com - 07/05/2020, 06:13 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NGAWI, KOMPAS. com – Sebanyak 31 orang pemudik dari Jakarta diturunkan oleh awak bus Akap di jalur tol Ngawi. Mereka diturunkan di jalan karena bus menghindari penyekatan oleh petugas di pintu tol. 

Mereka kemudian diamankan warga dan didata oleh Dinkes Kabupaten Ngawi, Jatim. Peristiwa itu terjadi di alur tol tepatnya di Desa Ngale Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Ke-31 pemudik dari Jakarta yang diturunkan di tengah jalan tol tersebut sempat diamankan warga karena kedapatan melompat pagar tol.

Baca juga: Sering Dilewati Pemudik, Warga dan Polisi Tutup Jalan Pakai Batu Sungai

Kepala Desa Ngale Yan Teguh mengatakan, kelakuan awak bus Akap itu sudah beberapa kali dipergoki oleh warganya. 

Ia menyayangkan aksi nakal awak bus menurunkan penumpang di jalur tol, karena sama sekali tidak membantu memutus penyebaran Covid-19

"Kami yang memberantas dan mencegah Covid-19. Kalau begini terus membuat repot kami semua pihak desa,” katanya.

Yan Teguh berharap ada tindakan dari aparat kepolisian terhadap ulah nakal awak bus yang nekat menurunkan penumpang di jalur tol. Apalagi aksi ini sudah terjadi beberapa kali.

"Jika melihat dari tiketnya penumpang armada bus sama dengan sebelumnya. Seharusnya ada tindakan misalkan penilangan,” ucapnya.

Baca juga: Wagub Uu: Angkutan Umum Kembali Beroperasi Bisa Hambat PSBB Jabar

Dihubungi secara terpisah, Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Ngawi Yudono mengatakan pihaknya melakukan antisipasi dengan melakukan pendataan kepada 31 pemudik tersebut.

“Sudah dilaporkan dari RT ke bidan atau tenaga kesehatan yang punya binaan, dilanjutkan ke surveilans puskesmas dilanjut ke Dinkes,” ujarnya melalui pesan singkat, Rabu (06/05/2020) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com