Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Wilayah di Kalimantan Barat Masuk Kategori Transmisi Lokal Virus Corona

Kompas.com - 06/05/2020, 15:34 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson menerangkan, sampai saat ini ada 3 wilayah di Kalbar yang telah masuk kategori transmisi lokal penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ketiga wilayah tersebut adalah Kota Pontianak, Kota Singkawang, dan Kabupaten Ketapang.

“Tiga daerah ini sudah terjadi penularan ke penduduk lokal. Jadi kasus konfirmasinya bukan lagi kasus impor dari negara lain atau dari wilayah lain,” kata Harisson kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Kalimantan Barat Bertambah Jadi 13 Orang

Harisson menerangkan, hari ini ada tambahan 17 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalbar berjunlah 90 orang.

"Berdasarkan pemeriksaan PCR di Laboratorium Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak, dari 17 kasus positif, tersebar di dua kota dan empat kabupaten," ucap Harisson.

Dari 17 orang tersebut, 10 di antaranya warga Kota Pontianak; 2 warga Kabupaten Kubu Raya; 2 orang warga Kota Singkawang; 1 orang di Kabupaten Landak; 1 orang di Kabupaten Ketapang; dan 1 orang di Kayong Utara.

"Dengan tambahan 17 kasus ini, maka total kasus Covid-19 di Kalbar sampai 6 Mei 2020 menjadi 90 pasien, dengan 8 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia," ujar Harisson.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Kalimantan Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menambahkan, 17 pasien terkonfirmasi tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Mereka tidak menunjukan gejala sebagaimana orang sakit, tapi berpotensi besar menyebarkan virus kepada orang lain," kata Sutarmidji dalam keterangan tertulisnya.

Dengan penambahan itu, Wali Kota Pontianak dua periode ini mengingatkan agar masyarakat mematuhi anjuran lemerintah menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Ayo kita saling ingatkan. Kami infokan ini secara terbuka karena kami sayang dengan Kalbar,” pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com