Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapid Test Corona di Mimika, 516 Warga Dinyatakan Reaktif

Kompas.com - 05/05/2020, 07:57 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika melakukan rapid test virus corona terhadap 2.309 orang di Kabupaten Mimika, Papua.

Dari 2.309 orang tersebut, sebanyak 516 warga dinyatakan reaktif berdasarkan alat rapid test virus corona baru atau Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, reaktif berdasarkan rapid test tak bisa menjadi tolok ukur seseorang terinfeksi Covid-19.

Sebab, untuk menyatakan seorang positif Covid-19 atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan swab melalui polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Balitbangkes Papua, di Kota Jayapura.

“Dari 516 reaktif rapid test, yang akan tes swab untuk diperiksa melalui PCR ke laboratorium Papua di Jayapura, adalah orang yang terkena immunoglobulin macroglobulin (IGM),” kata Reynold dalam video conference di Timika, Senin (4/5/2020) malam.

Baca juga: 51 Kasus Positif Covid-19 di Mimika Terkait dengan Freeport

Rapid test merupakan upaya mendeteksi secara dini penyebaran virus corona, sehingga orang yang positif bisa tertangani dengan baik.

Menurut Reynold, rapid test diprioritaskan kepada mereka yang sudah ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG).

"Kenapa itu dilakukan? Karena pendekatan penanganan Covid-19 ini adalah pemeriksaan dan tracing," ujar Reynold.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com