Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 4 Provinsi, Jabar Dinilai Paling Responsif Tangani Covid-19

Kompas.com - 02/05/2020, 13:20 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Lembaga Riset Repro Indonesia mencoba membandingkan respons empat pemerintah Provinsi dalam menangani wabah Covid-19. Keempat Provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Repro Indonesia pun melakukan survei mengenai persepsi publik tentang penanganan wabah Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi masing-masing. 

Diretur Eksekutif Repro Indonesia Vici Sofianna Putera memaparkan temuan survei tersebut, yang menyatakan secara garis besar masyarakat di empat provinsi masih merasa cemas akan tertular dengan virus Covid-19 terutama di Provinsi DKI Jakarta dengan persentase sebesar 59 persen.

"Selain itu, masyarakat juga merasakan kecemasan dengan kondisi ekonomi pribadi mereka ke depannya. Kecemasan tersebut sangat terlihat di Provinsi Jawa Barat dengan 56 persen dan Jawa Timur 55 persen," kata Vici dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/4/2020).

Baca juga: Soal Bansos Jabar, Ridwan Kamil Bilang 1,7 Juta Data KK Ngaco

Susul menyusul dengan DKI Jakarta

Persepsi masyarakat dalam hal penilaian usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dalam menangani penyebaran virus Covid-19, Provinsi Jawa Barat dinilai paling baik. 

Yakni dalam melakukan penanganan terhadap penyebaran virus Covid-19 dengan presentase sebesar 51 persen, disusul oleh DKI Jakarta dengan persentase 47 persen, Jawa Tengah 44 persen dan Jawa Timur 40 persen.

"Data ini didukung dengan proposi budget yang digelontorkan oleh Pemerintah Provinsi. (Anggaran penanganan Covid-19) Pemerintah Provinsi Jawa Barat lebih besar daripada tiga provinsi lainnya yaitu sebesar Rp 16 triliun, jumlah yang paling besar diantara tiga provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta Rp 3,03 triliun , Jawa Timur Rp 2,3 triliun dan Jawa Tengah Rp 1,4 triliun," bebernya.

Baca juga: Ridwan Kamil: PSBB Jawa Barat Disetujui Kemenkes, Berlaku Mulai 6 Mei

Dalam hal kepercayaan terhadap data perkembangan kasus Covid-19 di masing-masing Provinsi, masyarakat di empat Provinsi masih mempercayai data yang diberikan oleh masing-masing Pemerintah Provinsi.

Masyarakat di empat provinsi cenderung mudah mengakses info perkembangan kasus Covid-19.

Menurut hasil survei, masyarakat Jawa Barat dengan persentase 43 persen dan DKI Jakarta 39 persen digambarkan sebagai masyarakat yang paling mudah mengakses info perkembangan kasus Covid-19 dibanding Jawa Tengah yang persentasenya hanya 35 persen dan Jawa Timur dengan 31 persen.

"Dari keempat Provinsi, Provinsi Jawa Barat dengan persentase 38 persen dianggap paling cepat oleh masyarakatnya dalam menangani wabah Covid-19 dibandingkan tiga provinsi lainnya," tuturnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Ingin PSBB Bandung Raya Jadi yang Terbaik di Indonesia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com